TINGKATKAN DISIPLIN PRAJURIT, POMAL LANTAMAL VII GELAR OPERASI GAKTIB

Lantamal VII – Polisi Militer (Pomal) Lantamal VII melaksanakan Operasi Gaktib serentak dalam rangka angka HUT Pomal ke-75 Tahun 2021 yang dipimpin langsung oleh Kasi Hartib Pom Lantamal VII Kupang Mayor Laut (PM) Daryat, bertempat di Pintu Masuk  Gerbang Komplek TNI-AL Osmok, Jl. Yos Sudarso No. 05, Kec. Alak, Kota Kupang, NTT. Selasa (09/03/2021).

 

Salah satu upaya TNI Angkatan Laut dalam memelihara kedisiplinan yang tinggi adalah melalui gelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Operasi Yustisi. Pelaksanaan Operasi Gaktib dan Yustisi harus dikembangkan ke arah peningkatan profesionalitas petugas dan subjek hukum melalui upaya edukasi, dengan demikian kepatuhan terhadap norma peraturan dan hukum dapat ditegakkan, baik atas kesadaran individu maupun secara struktural formal. Oleh karena itu Danpomal Lantamal VII Letkol Laut (PM) Heri Raharjo berharap dengan operasi ini bisa tercapai budaya disiplin dan kepatuhan terhadap aturan di lingkungan Lantamal VII.

“Saya ingatkan kembali bahwa, melalui operasi yang digelar ini, sasarannya adalah tercapainya budaya disiplin dan ketaatan pada aturan di lingkungan TNI Angkatan Laut yang terus meningkat.” ujar Danpomal.

Kasi Hartib Pom Lantamal VII Kupang Mayor Laut (PM) Daryat yang turut memimpin kegiatan Timengatakan razia dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan perhatian kepada anggota Lantamal VII guna meningkatkan kesadaran dalam berlalu lintas, diantaranya pemeriksaan kelengkapan identitas diri prajurit TNI dan PNS Lantamal VII, pemeriksaan kelengkapan surat-surat dan kelengkapan fisik kendaraan bermotor, selain itu juga dilaksanakan razia penerapan disiplin protokol kesehatan yaitu penggunaan masker.

Kegiatan Operasi Gaktib ini dilaksanakan sesuai dengan arahan Kepala Staf Angkatan Laut pada Hari Ulang Tahun (HUT) Pomal ke-75 di Jakarta, Senin (22/02),  yang mengatakan bahwa Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) dituntut lebih terampil dalam mencegah dan menangani pelanggaran disiplin, maupun menjauhkan prajurit TNI AL dalam segala bentuk tindak pidana.

/ Lantamal VII