ASOPS DANLANTAMAL VIII IKUTI RAKOROPS SECARA VIRTUAL

Manado, 8 Maret 2021,….Asisten Operasi (Asops) Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Letkol Laut (P) Pantun Ujung M.Tr.Hanla, mengikuti Rapat Koordinasi Bidang Operasi dan Latihan TNI Angkatan Laut Tahun 2021 (Rakorops) secara virtual di Mako Lantamal VIII, Jl. Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru, Manado. Senin (8/3).

Kegiatan Rakorops TNI AL yang diikuti oleh seluruh jajaran Staf Operasi (Sops) Lantamal dan Lanal di jajaran TNI Angkatan laut ini mengangkat tema “Dilandasi semangat profesionalitas, modern dan tangguh, unsur-unsur operasi siap melaksanakan tugas TNI Angkatan Laut serta mendukung percepatan penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi”.

 

Maksud dari kegiatan tersebut adalah untuk mengevaluasi refleksi kegiatan yang telah dilaksanakan selama tahun anggaran 2020 serta proyeksi kegiatan operasi dan latihan Tahun Anggaran 2021. sedangkan sasaran yang ingin dicapai adalah tercapainya hasil yang optimal dalam pelaksanaan program kerja operasi dan latihan TNI Angkatan Laut.

 

Para peserta dengan hikmat mengikuti arahan yang disampaikan oleh Asisten Operasi (Asops) Kasal, Laksda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M. dari Mabesal, Cilangkap-Jakarta Timur. Asops Kasal pada pembukaan Rakernisops menyampaikan bahwa berbagai permasalahan dan pelanggaran yang telah terjadi agar dievaluasi dan berharap seluruh jajaran staf operasi berkomitmen untuk tidak terjadi lagi karena secara tidak langsung dapat menghambat optimalisasi pencapaian tugas-tugas operasi TNI AL.

 

“2021 harus lebih baik dari 2020, lebih banyak kapal yang beroperasi di laut, lebih banyak pesawat yang terbang, lebih banyak pasukan dan kendaraan tempur yang dioperasikan. kita harus lebih tanggap dan lebih cepat hadir digaris depan, lebih tangkas dalam menuntaskan tugas,Jalesveva Jayamahe”, ujar Asops Kasal.

 

Pada penutupan Rakernisops, Asops Kasal menyampaikan penekanan kepada para peserta, beberapa diantaranya agar diantisipasi perkembangan lingkungan strategis dan prediksi ancaman, meningkatkan kehadiran unsur-unsur operasi dilaut khususnya di wilayah rawan dan trouble spot, agar unsur operasi lebih difokuskan dalam mendukung program pemerintah dalam percepatan penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, memperhatikan kesiapan dan kondisi teknis KRI sebelum melaksanakan operasi dan latihan, mengerti dan memahami aturan perundang-undangan atau hukum laut internasional maupun nasional agar dapat melaksanakan tugas-tugas secara baik dan menghindari kesalahan dalam penegakan kedaulatan dan hukum dilaut.

Hadir pada kegiatan vicon dalam rangka Rakorops Tahun 2021 di Ruang Kendali Utama Mako Lantamal VIII diantaranya Asops Danlantamal VIII dan Perwira Staf Sops Lantamal VIII.