PALAKSA LANAL MAUMERE HADIRI PENUTUPAN RAKERNAS FORUM KOORDINASI PENCEGAHAN TERORISME

Lanal Maumere – Kepala Pelaksana Pangkalan TNI AL (Palaksa Lanal) Maumere Mayor Laut (P) Samsul Bahri W, S.E., M.Tr.Opsla., menghadiri Acara Penutupan Rakernas Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) ke 8 yang diikuti oleh 32 Provinsi, bertempat Laprima Hotel ,JL. Pede Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Kamis (04/03/2021).

Rakernas FKPT Ke-VIII yang telah berlangsung dari tanggal 2-4 Maret 2021 dengan mengambil tema “Kolaborasi untuk Indonesia”. Rakernas digelar secara langsung dan virtual dengan penerapan protokol kesehatan. Adapun Rangkaian Acara Penutupan Rakernas Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) yang diikuti 32 Provinsi diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan testimoni oleh Direktur pencegahan BNPT Brigjen Pol Ahmad Nur Wahid, Pemutaran Video profil direktorat pencegahan BNPT, Sambutan Gubernur Nusa Tenggara Timur diwakili oleh Asisten Adminitrasi Umum Sekda NTT, Laporan pelaksanaan/ Rekomendasi Rakernas FKPT 32 Provinsi 2021 oleh Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, pengarahan sekaligus penutùpan Rakernas FKPT 32 Provinsi 2021 oleh Sekretaris Utama BNPT Mayjen TNI Untung Budiarjo dan diakhiri dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri.

Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi, Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis dalam sambutannya  berharap kegiatan yang telah dilaksanakan tidak hanya sebagai bentuk jalinan silaturahmi, namun juga menghasilkan rumusan strategis sebagai upaya melaksanakan kegiatan pencegahan terorisme di daerah pada masa yang akan datang tentunya tetap dengan mengutamakan kearifan lokal. 

“Kegiatan yang BNPT lakukan selama ini memang tidak jauh dari tempat-tempat destinasi wisata daerah, hal ini merupakan strategi Kepala BNPT guna menghidupkan perekomonian masyarakat di daerah dengan meningkatkan industri pariwisata. Dengan demikian, paham radikal intoleran tidak akan mudah masuk ke lingkungan masyarakat karena mereka memiliki kegiatan yang positif. Hal ini berlaku juga untuk kegiatan FKPT, dengan meningkatkan kearifan lokal di daerah sebagai upaya pencegahan,” lanjut Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis. 

Kegiatan acara penutupan Rakernas FKPT 2021 yang berjalan lancar dan aman tersebut selaras dengan perintag harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan “Bangun sumberdaya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman. Jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan”.

 

Hadir dalam kegiatan Serkertaris Utama BNPT, Asisten Administrasi Umum Sekda NTT,  Ketua FKPT, Danlanal Maumere diwakili Palaksa Lanal Maumere, Wakapolres Manggarai Barat, Danramil Labuan Bajo, Para Staf BNPT dan Peserta FKPT.

 

By. Dispen Lantamal VII