SIAP BEROPERASI, DANLANTAMAL VII SERAHKAN RANSUS MOBILE PCR FASTLAB BANTUAN DISFASLANAL KEPADA TIM SATGAS COVID-19 LANTAMAL VII

Lantamal VII – Komandan Pangkalan Utaman TNI AL VII (Danlantamal VII) Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP., menyerahkan Ransus Mobile PCR Fastlab kepada Tim Satgas Covid-19 Lantamal VII dalam hal ini diterima langsung oleh Kadiskes Lantamal VII, bertempat di depan Lobby Mako Lantamal VII, Jalan Supul Raya El Nusa, Bolok, Kupang, NTT. Kamis (04/03/2021).

 

Ransus Mobile PCR  (Polymerase Chain Reaction) Fast Laboratorium, merupakan fasilitas kesehatan yang disiapkan untuk operasional guna percepatan penanggulangan Covid-19 di wilayah kerja Lantamal VII Kupang. Fasilitas ini merupakan bantuan yang diterima dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) melalui Dinas Fasilitas Pangkalan TNI Angkatan Laut (Disfaslanal) Mabesal, guna mendukung program Pemerintah dalam percepatan penanggulangan pandemi Covid-19.

Setelah penyerahan secara simbolis Berita Acara Penggunaan Ransus Mobile PCR dari Danlantamal VII kepada Kadiskes Lantamal VII menandakan bahwa Mobile PCR Fastlab tersebut siap beroperasi. Di sela-sela meninjau langsung fasilitas dan peralatan yang ada di unit mobile PCR tersebut, Kadiskes Lantamal VII Letkol Laut (K) M. Haris Bennu, A.M.Ft., S.K.M., M.Kes, menyampaikan bahwa untuk sumber daya manusia atau pengawak mobile PCR tersebut telah melaksanakan pelatihan pengoperasian, berupa praktek pengoperasian mobil dan operasional alat PCR itu sendiri, sampai dengan praktek sistem komputerisasi dan pelaporan hasil PCR.

Komandan Lantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP., saat meninjau fasilitas unit mobil tersebut pun mengatakan bahwa,  ini akan sangat bermanfaat untuk operasional penanganan Covid-19 dalam mendukung upaya 3T (Testing, Tracing, Treatment) di wilayah kerja Lantamal VII.

“Bila dibutuhkan untuk melayani masyarakat, mobil ini dapat bergerak ke berbagai lokasi, dengan hasil pemeriksaan yang cepat. Mobile PCR Fastlab ini disiapkan untuk mendukung wilayah-wilayah di NTT yang memiliki keterbatasan sumber listrik, fasilitas dan unit pemeriksaan Covid-19 secara langsung di satu lokasi,” lanjut Komandan Lantamal VII.

Dalam kesempatan ini, Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP.,  didampingi para pejabat Lantamal VII, meninjau langsung fasilitas dan peralatan yang ada di Ransus Mobile PCR Fastlab dan kendaraan operasional pendukung yang memiliki generator set (genset) pembangkit listrik.

/ Dispen Lantamal VII