PJS. ASINTEL DANLANTAMAL VII IKUTI RAKOR INTELIJEN TNI AL TAHUN 2021 MELALUI VIDIO CONFERENCE

Lantamal VII – Pejabat sementara Asintel Danlantamal VII Letkol Laut (KH) Togar T.A. Pangaribuan, S.Pd.Ing., M.A.P., bersama Dantim Intel dan Pjs. Kadispen Lantamal VII mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Intelijen TNI Angkatan Laut Tahun 2021 melalui Video Conference (Vicon), bertempat di ruang rapat Danlantamal VII, Mako Lantamal VII, Jalan Supul Raya, Bolok, Kupang, NTT. Rabu (03/03/2021).

Kegiatan Rakor Intelijen TNI AL Tahun 2021 dipusatkan di Mabesal Cilangkap Jakarta Timur, dipimpin langsung oleh Asisten Intelijen Kepala Staf Angkatan Laut (Asintel Kasal) Laksamana Muda TNI Angkasa Dipua, S.E, M.M., dengan tema “Intelijen TNI Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh siap mendukung tugas TNI Angkatan Laut dalam rangka Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Serta Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa demi Keutuhan NKRI”.

Asintel Kasal dalam awal sambutan mengatakan “Kegiatan Rakor Intelijen TNI AL Tahun 2021 yang diselenggarakan ini sebagai media komunikasi dan evaluasi pelaksanaan tugas intelijen tahun 2020, juga sebagai media untuk menyamakan  pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam menghadapi tantangan tugas tahun 2021 serta sebagai sarana berdiskusi untuk kemajuan intelijen, persandian, syber, penerangan, Bintal dan sejarah TNI AL,” jelas Laksamana Muda TNI Angkasa Dipua, S.E, M.M.

“Intelijen TNI AL harus menjadi mercusuar yang dapat mengarahkan seluruh operasi yang diselenggaran baik TNI maupun TNI AL,” lanjut Asintel Kasal.

Acara selanjutnya pembekalan Asops Kasal yang diwakili oleh Waasops Kasal Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi tentang peran intelijen dalam mendukung operasi; review kegiatan tahun 2020, tantangan tahun 2021 dan strategi meningkatkan kemampuan intelijen dalam rangka mendukung tugas operasional TNI AL oleh Waasintel Kasal Laksamana Pertama TNI Denih Hendrata; paparan Kadispamsanal Laksamana Pertama TNI Indaryanto tentang strategi dan assesment dalam menghadapi proxi war, asymmetris warfare dan ciber warfare guna mewujudkan intelijen yang handal dalam rangka mendukung tugas TNI AL; paparan Kadispenal Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono tentang peran Dispenal dalam melaksanakan kontra opini dan penggalangan guna menghadapi perang media dan informasi warfare, paparan dari Kadisjarahal Laksamana Pertama TNI Supardi, S.E., M.B.A., CHRMP., tentang strategi dan assasment riset dan penulisan sejarah guna mendukung intelijen dasar dan kegiatan propaganda dalam rangka mendukung tugas TNI AL dan diakhiri paparan dari Kadisbintalal Laksamana Pertama TNI Drs. Ian Heriawan tentang moderasi beragama dan pengembangan tools radikalisme strategi dan assasment menghadapi ancaman ideologi dalam perspektif Bintal.

Kegiatan Rakor Intelijen TNI AL Tahun 2021 yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, membatasi jumlah yang hadir tersebut selaras dengan kebijakan dan perintah harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan “Bangun Sumber Daya Manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman”.

Hadir dalam kegiatan : Pjs. Asintel Danlantamal, Dantim Intel Lantamal VII dan Pjs. Kadispen Lantamal VII.

By. Dispen Lantamal VII.