LANAL BALIKPAPAN TERJUNKAN PATKAMLA LAMARU BANTU SAR KORBAN LAKA LAUT DI PERAIRAN TELUK BALIKPAPAN

TARAKAN – Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan menerjunkan unsur Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Lamaru dalam rangka membantu pelaksanaan SAR korban kecelakaan di laut (Laka Laut) yang yang di alami oleh Speedboat pengangkut crew kapal saat akan melaksanakan crew change yang terjadi di Perairan Teluk Balikpapan, tepatnya di sekitar Buoy 0 alur masuk Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (02/03/21).

Bermula dari adanya laporan masuk kepada Tim SAR Gabungan pada pukul 22.20 Wita melalui berita radio bahwa terjadi Laka Laut yang dialami oleh Speedboat pengangkut crew kapal yang akan melaksanakan crew change, yang mengakibatkan 23 orang terombang ambing mengapung menggunakan pelampung di Perairan Teluk Balikpapan, sekitar Buoy 0 dengan titik koordinat 01° 20′ 654″ S – 117° 00′ 54″ E. Selanjutnya, personel dari Lanal Balikpapan beserta Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan bergerak menuju titik koordinat terjadinya Laka Laut menggunakan Patkamla Lamaru Lanal Balikpapan dibantu oleh Tugboat (TB) Danny 58 dan TB. Mulia 7. Pada pukul 23.26 Wita, Tim SAR menemukan korban berjumlah 12 orang dan berhasil diselamatkan, kemudian dibawa menuju kapal terdekat yaitu MV. Manalagiasa guna mendapatkan pertolongan medis awal sembari menunggu Tim SAR lain, yang akan menjemput para korban untuk dibawa menuju Dermaga Umum Semayang.

Saat Patkamla Lamaru kembali bergerak mencari korban lain, pada pukul 23.50 Wita Tim SAR mendapatkan informasi dari Kapal TB. Mulia 7 bahwa 11 orang korban lainnya telah berhasil ditemukan dan diselamatkan, sehingga korban yang berhasil di selamatkan berjumlah 23 orang dengan keterangan 20 Warga Negara Asing (WNA) dan 3 Warga Negara Indonesia (WNI). Pada pukul 03.48 Wita, seluruh Tim SAR Gabungan kembali ke Dermaga Umum Semayang dengan hanya membawa 9 orang korban dari 23 orang korban keseluruhan, dikarenakan faktor cuaca buruk, sehingga pada pukul 04.30 Wita kegiatan pencarian untuk sementara dihentikan. Selanjutnya korban dibawa menuju Aula KNPI Kansar Balikpapan untuk penampungan sementara.

Turut terlibat langsung dalam kegiatan tersebut antara lain, Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan, Lanal Balikpapan, MV. Manalagiasa, TB. Danny 58, TB. Mulia 7 dengan didukung oleh Rescue Dmax, Peralatan SAR Air Lengkap, Alkom, Hazmat, Ambulance Lanal Balikpapan, Truck Lanal Balikpapan.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.