PANDA KUPANG PILIH CALON TERBAIK UNTUK BERANGKAT KE SELEKSI PUSAT CALON BINTARA TNI AL

 

Lantamal VII – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP., memimpin Sidang Panitia Penentuan Akhir (Pantukhir) Calon Bintara (Caba) PK TNI AL Gelombang I Tahun 2021 Panda Kupang untuk diberangkatkan ke seleksi pusat Calon Bintara PK TNI AL, bertempat di Ruang Serbaguna, Mako Lantamal VII, Jl. Supul Raya, Bolok, Kota Kupang, NTT. Selasa (02/03/2021).

Tercatat sebanyak 38 orang terdiri dari 34 Caba Pria dan 4 Caba Wanita yang berasal dari berbagai daerah di seluruh wilayah Provinsi NTT mengikuti seleksi akhir Panda Kupang, mereka telah melewati seluruh tahapan pemeriksaan awal, yang sangat ketat dan teliti, meliputi aspek Administrasi, Kesehatan, Jasmani, Mental Ideologi (MI) dan Psikologi, yang dilaksanakan secara obyektif dan transparan.

Dalam arahannya, Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP mengatakan “Dengan semakin berat dan kompleksnya tuntutan tugas TNI Angkatan Laut ke depan, maka diperlukan sumber daya prajurit yang berkualitas, dimulai dari proses werving yang baik dan benar serta transparan, dengan harapan dapat dihasilkan calon Bintara PK TNI AL yang berkualitas dan memenuhi persyaratan yang telah di tetapkan. Penerimaan calon prajurit merupakan suatu upaya untuk mendapatkan prajurit TNI Angkatan Laut dengan kualitas dan kuantitas yang dibutuhkan organisasi dalam rangka pelaksanaan tugas pokok TNI Angkatan Laut. Guna mewujudkan penerimaan prajurit yang efektif dan efisien baik secara kualitas maupun kuantitas, maka harus berpedoman pada peraturan dan ketentuan penerimaan prajurit TNI Angkatan Laut yang telah ditetapkan.

“Untuk menyeleksi calon prajurit TNI AL tidaklah mudah, namun panitia juga telah memiliki standar baku sebagai persyaratan dalam penerimaan calon  prajurit TNI Angkatan Laut. Standar inilah yang harus dipedomani dan dilaksanakan secara konsisten, objektif dan penuh rasa tanggung jawab. Selaku panitia penerimaan daerah kupang, kita memiliki tanggung jawab yang berat,  karena ditengah-tengah kondisi Pandemi saat ini, pelaksanaan kegiatan penerimaan Calon Prajurit kali ini pasti lebih berat dan memiliki resiko yang tinggi terhadap kemungkinan penyebaran dan penularan Covid-19. Namun demikian sebagai insan Prajurit, harus menyadari bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bagian tugas pokok yang harus dilaksanakan dalam rangka menyiapkan kekuatan pertahanan untuk meningkatkan kekuatan Operasional TNI Angkatan Laut”, lanjut Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP.

Pantukhir Calon Bintara dan Tamtama PK TNI AL Gelombang I Tahun 2021 Panda Kupang diharapkan akan dapat membentuk prajurit TNI Angkatan Laut yang handal dan mempunyai prestasi yang baik serta memiliki moralitas dan komitmen untuk kemajuan organisasi Angkatan Laut yang sejalan dengan perintah harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang menekankan untuk membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman.

Hadir dalam kegiatan Para Asisten Danlantamal VII, Dansatrol Lantamal VII, Ka Kuwil Lantamal VII, Kadisminpers Lantamal VII serta Panitia Werving Panda kupang.

 

/ Dispen Lantamal VII