LANTAMAL XIII GELAR SIDANG KOMISI PANTUKHIR DAERAH CABA PK PRIA DAN WANITA GELOMBANG I TAHUN 2021 PANDA TARAKAN

TARAKAN – Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan menggelar kegiatan Sidang Komisi Pantukhir Daerah Calon Bintara Prajurit Karier (Caba PK) Pria dan Wanita Gelombang I Tahun 2021 Panitia Daerah (Panda) Tarakan yang berlangsung di Gedung Serba Guna Markas Komando (Mako) Lantamal XIII, Jl. Sei Ngingitan, Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Senin (01/03/21).

Dipimpin langsung oleh Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto, S.E., M.Si. selaku Ketua Panda Tarakan, kegiatan ini diikuti oleh 18 peserta yang terdiri dari, 14 Caba PK Pria dan 4 Caba PK Wanita. Danlantamal Xlll dalam amanatnya menyampaikan bahwa, “dalam rangka memenuhi kebutuhan Bintara Pria dan Wanita Tahun 2021, TNI AL menyelenggarakan kegiatan penerimaan Caba PK Pria dan Wanita bagi warga negara yang secara sukarela dan berniat untuk mengabdi kepada negara dan bangsa melalui TNI AL. Lantamal Xlll Tarakan dalam kesempatan ini diberikan tugas oleh pimpinan sebagai salah satu Panda untuk melaksanakan proses penerimaan putera-putera daerah di sekitar Lantamal Xlll yang secara sukarela mendaftarkan diri sebagai Calon Bintara dengan hasil penerimaan tingkat daerah ini tentu akan diproses ulang ditingkat pusat, sebelum dinyatakan lolos untuk mengikuti pendidikan pertama. Untuk mendapatkan calon-calon yang sesuai dengan sasaran pendidikan dan kriteria yang dikehendaki, tentunya harus melalui seleksi yang ketat secara administrasi, psikologi, kesehatan, mental ideologi dan kesegaran jasmani. Sehingga para calon yang terpilih nantinya, benar-benar merupakan prajurit terbaik yang memiliki kriteria dengan nilai kelulusan memenuhi persyaratan untuk memenuhi kebutuhan personil TNI AL Tahun 2021”.

Dari 18 peserta, setelah dilaksanakan pendalaman, pembahasan pendalaman dan pembacaan berita acara hasil sidang Panthukir Daerah, disimpulkan bahwa Casis Bintara Pria dan Wanita yang dinyatakan lolos memenuhi persyaratan di tingkat Pantukhir Daerah adalah 16 peserta, yakni 12 peserta Caba PK Pria dan 4 peserta Caba PK Wanita.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Wadan Lantamal XIII Kolonel Marinir Nur Aziz, S.E., M.M., Asintel Danlantamal XIII Kolonel laut (T) Johari, S.T., Aspers Danlantamal XIII Kolonel Laut (KH) Drs. Abu Dzarin, Dantim Intel Lantamal XIII Letkol Laut (KH) Herlan Tismara, S.Sos., Karumkital Ilyas Tarakan Letkol Laut (K) dr. Mukti Fahimi, Sp., PD., Kadisminpers Lantamal XIII Letkol Laut (KH) Drs. Nur Chamid, Kadiskes Lantamal XIII Letkol Laut (K) Moh. Muktadir, SKM., M.H., Pajasrek Lantamal XIII Letda Laut (KH) Denis Rastra, S.Pd. dan Tim Werfing Lantamal XIII.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.