DANLANTAMAL VIII CEK FASILITAS KESEHATAN RUMKITAL DR. WAHYU SLAMET BITUNG

Manado….1 Maret 2021,… Komandan Pangakalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya S.E., CFrA., melakukan pengecekan fasilitas kesehatan yang berada di Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Dr. Wahyu Slamet Bitung

 

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk melihat secara langsung kesiapan Rumkit Dr. Wahyu Slamet dalam mengatasi serta merawat pasien-pasien yang merupakan anggota TNI AL dan keluarganya yang sakit dengan diagnosa berbagai penyakit lebih khusus lagi yang positif Covid-19.

Dalam pengecekan tersebut Danlantamal VIII langsung dampingi Kepala Rumkital Dr. Wahyu Slamet Letkol Laut (K) drg. I Wayan Tapa Yasa, Sp.KGA, M.Tr.Hanla, M.M., yang memberikan penjelasan tentang keberadaan ruangan dan peralatan medis yang dimiliki Rumkital Dr. Wahyu Slamet Bitung. Pengecekan dilakukan diantaranya mulai dari bangunan, ruangan perawatan umum, ruangan perawatan isolasi Covid-19, laboratorium, sampai dengan beberapa peralatan medis sebagai pendukung untuk pemeriksaan SWAB PCR.

 

Danlantamal VIII pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini untuk meninjau satuan kerja Lantamal VIII yang berada di Bitung termasuk Rumkital Dr. Wahyu Slamet yang sudah menyiapkan fasilitas untuk penanganan vaksin maupun tracer sesuai dengan program pemerintah, sekaligus juga menyampaikan hasil Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan TNI AL serta Koarmada II, kepada seluruh prajurit dan PNS yang berada di Bitung.

Lebih lanjut Danlantamal VIII menyampaikan adapun fasilitas yang sudah disiapkan antara lain mulai dari tenaga-tenaga vaksinator kemudian fasilitas untuk pemberian vaksin. Sedangkan untuk penanganan Covid-19 rumah sakit ini sudah meyiapkan beberapa ruangan untuk pasien positif, sampai tempat untuk isolasi mandiri serta alat untuk pemeriksaan swab PCR yang sudah diterima beberapa waktu lalu dari Kementerian Pertahanan.

 

Semua ini kita gunakan seoptimal mungkin untuk kebutuhan prajurit, PNS maupun masyarakat sekitar.

Harapan kedepan tentu kita menghimbau Kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama menanggulangi pandemi Covid-19 ini secara bersama-sama dengan mematuhi protokol kesehatan. Lantamal VIII tentunya siap melaksanakan operasi pendisiplinan protokol kesehatan dengan bersinergi bersama-sama TNI-Polri yang berada di Manado dan sekitarnya, ujar Danlantamal VIII.

Turut mendampingi Danlantamal VIII pada kesempatan tersebut Asosp Danlantamal VIII, Aslog Danlantamal VIII, Dansatrol Lantamal VIII, Danyonmarhanlan 8 Bitung, Kadiskum Lantamal VIII, Dantim Intel Lantamal VIII, Kafasharkan Bitung dan Kadissyahal Lantamal VIII.