Pangkoarmada II Hadiri Upacara Pembukaan Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi TA. 2021

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 25 Februari 2021.

 

Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan menghadiri Upacara Pembukaan Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi TA. 2021 yang dilaksanakan di Lapangan Jenderal A. Yani Markas Komando Daerah Militer (Kodam) V/Brawijaya yang dipimpin oleh Dankogartap III/Surabaya Mayjen TNI Suharyanto pada Kamis (25/02).

Operasi Gaktib dan Yustisi TA. 2021 kali ini mengambil tema “ Dengan Operasi Gaktib Dan Operasi Yustisi TA. 2021, Polisi Militer Siap Meningkatkan Penegakkan Dan Ketaatan Hukum Dalam Mendukung Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19 Serta Menjaga Persatuan, Kesatuan Bangsa Demi Keutuhan NKRI”.

Menurut Laksda Sudihartawan “ Tema yang diusung sangat relevan dengan upaya kita saat ini dalam penanganan pandemi Covid-19. Hal ini juga sesuai dengan program prioritas yang menjadi fokus Pemerintah juga pokok-pokok kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yang salah satunya adalah difokuskan pada penanganan Covid-19, “ ungkapnya.

Laksda Sudihartawan juga menambahkan, sesuai amanat Dankogartab III/Surabaya, bahwa, “ Operasi penegakkan ketertiban dan yustisi bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme Polisi Militer TNI dan subjek hukum melalui pendekatan persuasif edukatif.  Hal ini dikarenakan esensi dari pelaksanaan operasi adalah untuk memperkuat upaya pencegahan dan penyelesaian hukum bagi prajurit dan PNS TNI, “ lanjut Laksda Sudihartawan.

Selesai kegiatan, Pangkoarmada II juga mengingatkan kepada personel Polisi Militer TNI AL. Agar personel Pomal harus lebih dahulu menguasai tugas dan tanggung jawabnya serta menunjukkan disiplin yang tinggi.  Petugas yang profesional adalah petugas yang tegas, tidak ragu-ragu, namun tidak berlaku arogan.  “ Tetap laksanakan protokol kesehatan, jalin koordinasi, komunikasi serta kerja sama dengan berbagai pihak agar sasaran akhir dari operasi ini yaitu tercapainya budaya disiplin dan taat pada aturan di lingkungan TNI terus meningkat, “ pungkas Laksda Sudihartawan.

 

(Pen2).