PRAJURIT POSAL ATAPUPU SOSIALISASI PROTOKOL KESEHATAN PENCEGAHAN COVID-19 DI DESA JENILU KAB. BELU

Lantamal VII – Posal Atapupu bersinergi dengan Kepala Desa Jenilu, Babinpotmar Atapupu dan Babinsa  Jenilu memberikan pemahaman tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan Pencegahan Covid-19 kepada masyarakat Desa Jenilu, bertempat di Kantor Desa Jenilu Kec. Kakulukmesak Kab. Belu Prov. NTT. Kamis (18/02/2021).

 

Masyarakat memiliki peran penting dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 agar tidak menimbulkan sumber penularan baru/cluster pada tempat-tempat dimana terjadinya pergerakan orang, interaksi antar manusia dan berkumpulnya banyak orang. Masyarakat harus dapat beraktivitas kembali dalam situasi pandemi Covid-19 dengan beradaptasi pada kebiasaan baru yang lebih sehat, lebih bersih, dan lebih taat, yang dilaksanakan oleh seluruh komponen yang ada di masyarakat serta memberdayakan semua sumber daya yang ada. Peran masyarakat untuk dapat memutus mata rantai penularan Covid-19 (risiko tertular dan menularkan) harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan melalui perlindungan kesehatan individu dan perlindungan kesehatan masyarakat.

Pada kegiatan Sosialisasi tersebut Masyarakat yang datang langsung diwajibkan cuci tangan dengan diarahkan dan diberi contoh oleh Babinpotmar. Dilanjutkan dengan pembagian masker secara gratis sekaligus mempraktekkan cara yang benar memakai masker.

Selanjutnya masyarakar di beri arahan tentang mencegah penyebaran Covid 19 berturut-turut dimulai dari Babinpotmar Atapupu,  Kades Jenilu dan Babinsa Jenilu yang Intinya “Masyarakat diharapkan untuk mematuhi aturan dan himbauan dari Pemerintah  dengan tetap melaksanakan 5 M yaitu Mencuci tangan,  Menjaga jarak, Memakai Masker, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas dan interaksi untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid 19”.

Kegiatan bantuan sosial TNI – Polri ini sejalan dengan perintah harian dan penekanan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan yang mengatakan “Jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinegritas dalam kesemestaan. Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara”.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Kepala Desa Jenilu Bapak Robby Novak, Babinpotmar Atapupu Serka Mes Dominikus Batu Mau, Babinsa Jenilu Serka Januar, dan masyarakar Dusun Fatukaduak Desa Jenilu sebanyak 60 orang.

/ Dispen Lantamal VII