PANGKALAN TNI AL MATARAM DUKUNG DAN SUKSESKAN PROGRAM KAMPUNG SEHAT

Lanal Mataram – Dalam rangka membangkitkan semangat masyarakat melawan wabah Covid-19, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, S.H., menghadiri acara Launching Lomba Kampung Sehat Jilid 2 yang dipelopori oleh Polda NTB bekerjasama dengan TNI dan Pemerintah Daerah, bertempat di Lapangan Tenis Mapolda NTB, Jl. Langko No.77, Kel. Taman Sari, Kec. Ampenan, Kota Mataram, Prov. Nusa Tenggara Barat. Kamis (18/02/2021).

Dalam acara Launching Lomba Kampung Sehat Jilid 2 ini dihadiri pula oleh Gubernur NTB, Wakil Gubernur NTB, Kapolda NTB, Danrem 162/WB, Para Kadis Pov. NTB, PJU Polda NTB, para Bupati/Walikota se-NTB serta Dandim dan Kapolres se-NTB.

Kegiatan Launcing Lomba Kampung Sehat Jilid 2 antara desa dan kelurahan di NTB kali ini dibuka secara simbolis oleh Gubernur NTB DR. H. Zulkiflimansyah S.E, M.Sc., yang didampingi oleh Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal, S.IK M.H., dan Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani dengan memukul replika Virus Corona dengan menggunakan palu. Adapun tujuan dilaksanakan lomba kampung sehat tersebut untuk membangkitkan semangat masyarakat melawan efek domino dari wabah Covid-19 dan memberikan harapan untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini. Selain itu diharapkan partisipasi masyarakat dalam mengikuti lomba kampung sehat bisa membuat penyebaran Covid-19 mampu dikendalikan.

Dalam sambutannya Gubernur NTB DR. H. Zulkiflimansyah S.E, M.Sc., menyampaikan “program kampung sehat ini penting sekali dalam membentuk momentum social marketing yang merubah paradigma tentang Covid-19 dimata masyarakat, sehingga NTB bisa berdamai, bersahabat dengan Covid -19 serta media sosialisasi vaksinasi Covid-19 yang aman dan halal.”

Usai berakhirnya acara, Komandan Lanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, S.H., dalam kesempatan memberikan pernyataan bahwa “Pangkalan TNI AL Mataram akan membina dan mengembangkan kampung-kampung wilayah pesisir di seluruh wilayah NTB melalui Babinpotmar yang bertugas di Pos-pos TNI AL di wilayah NTB untuk turut berpartisipasi aktif mewujudkan kampung sehat wilayah zona bebas Covid-19. Peran Babinpotmar dalam mewujudkan kampung sehat dengan cara bersinergi bersama Bhabinkamtibmas, dan Babinsa di daerahnya untuk memberikan penyuluhan kepada warga di kampung-kampung pesisir agar memiliki kesadaran yang tinggi  dalam menerapkan gerakan 3T dan 3M secara disiplin sehingga terwujud Zona Hijau di seluruh  wilayah pesisir  provinsi NTB”

Kegiatan tersebut selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan “Jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan. Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta Keberadaan TNI AL dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar.”

 

/ Dispen Lantamal VII