PRAJURIT POSAL ANGGANA SAR PENCARIAN ORANG TENGGELAM DI PERAIRAN SUNGAI MAHAKAM

TARAKAN – Pos TNI AL (Posal) Anggana merupakan Posal dibawah jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan, dibawah Komando Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan yang berkedudukan di Samarinda, Kalimantan Timur. Pada hari Kamis (11/02/21), Prajurit Posal Anggana bersama Tim SAR Gabungan dan Relawan Kota Samarinda melaksanaan kegiatan SAR hari kedua pencarian orang yang tenggelam di Perairan Sungai Mahakam, Kelurahan Mangkupalas, Samarinda Sebrang tepatnya disekitar area Jembatan Mahkota II.

Bermula dari dua personel Polairud Resta Samarinda yang sedang melaksanakan patroli mendapati sebuah perahu klotok bernama Jaya Setia 01 dengan ABK 6 orang, diketahui sedang melaksanakan cleaning atau pengambilan sisa Batu Bara di sebuah kapal tongkang Langkat Jaya XXII, selanjutnya personil Polairud memerintahkan ABK kapal klotok Jaya Setia 01 untuk menghentikan kegiatannya, naik ke atas kapal klotok dan dikawal menuju ke Mako Sat Polairud Resta Samarinda dengan speed patroli Polairud, posisi diikat di buritan kapal klotok.

Saat melintas di tikungan perairan Selili, 1 orang personil Polairud dengan speed patroli meninggalkan kapal klotok untuk menuju kios BBM guna melaksanakan pengisian, sedangkan 1 personil lainnya tetap standby mengawal diatas kapal. Saat melintas di depan Pangkalan Syukur, sebuah pangkalan kapal klotok di Samarinda, nahkoda kapal menetralkan gas mesin kapal dengan maksud ingin mengarahkan haluan kapal menuju ke Pangkalan Syukur, namun personil Polairud tetap memerintahkan nahkoda kapal untuk membawa kapalnya menuju ke pangkalan Mako Sat Polairud Resta Samarinda. Nahkoda kapal menolak perintah, kemudian seketika meninggalkan anjungan menuju buritan kapal bersama ABK lainnya dengan kondisi kapal masih bergerak, terpaksa 1 personil Polairud yang berada di atas kapal mengambil alih kemudi sembari menghubungi rekannya yang sedang mengisi BBM speed untuk segera kembali ke kapal klotok.

Setelah speed patroli merapat personil Polairud melaksanakan pengecekan di seluruh ruangan kapal namun nahkoda serta ABK tidak ada di atas kapal, dilanjutkan pencarian dengan menggunakan speed patroli di sepanjang alur yang dilalui namun juga tidak ditemukan tanda-tanda dari nahkoda dan ABK kapal klotok Jaya Setia 01.

Kedua personil Polairud tersebut tetap melanjutkan perjalanan menuju ke pangkalan Mako Sat Polairud Resta Samarinda untuk melaporkan kejadian tersebut. Setelah menerima laporan langsung dilaksanakan SAR oleh Pos TNI AL Anggana bersama Tim SAR Gabungan dan Relawan Kota Samarinda yakni menggunakan sarana Sekoci Karet SAR Samarinda, Speed 40 PK Posal Anggana, Speed 40 PK Polairud Kukar dan bersama warga sekitar menggunakan perahu.

Adapun jumlah korban tenggelam 6 orang, dengan keterangan, korban selamat sebanyak 4 orang, korban hilang sebanyak 2 orang. Adapun identitas korban yang belum ditemukan atas nama Ali Intojeng dan Wawan. Sedangkan korban yang selamat atas nama Arif, laki-laki (30 tahun), Amir dan Iwang, ketiganya beralamat di Barito, Kec. Palaran serta Firman, alamat Jl. P. Bendahara Gg. Pertemuan.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.