POSAL MIANGAS LANAL MELONGUANE SELENGGARAKAN LOMBA BAGI PARA PELAJAR

MELONGUANE (29/01/2021) – Guna membantu pemerintah dalam mencerdaskan masyarakat di tengah berbagai keterbatasan yang ada di wilayah perbatasan terutama di pulau-pulau kecil terluar, selain membuat Rumah Baca Posal Miangas, Lanal Melonguane melalui Posal Miangas menyelenggarakan berbagai lomba bagi para pelajar SD, SMP dan SMK di pulau kecil terluar Miangas. Adapun lomba-lomba tema nasionalisme yang diselenggarakan adalah lomba menggambar untuk pelajar SD, lomba membuat puisi untuk pelajar SMP dan membuat Cerpen untuk pelajar SMK.

Sesuai arahan dari Komandan Lanal Melonguane, Kapten Laut (P) Maman Badruzaman selaku Danposal Miangas didampingi istri bekerja sama dengan beberapa guru sekolah-sekolah di Pulau Miangas menyelenggarakan beberapa lomba tersebut di Posal Mingas. Lomba dilaksanakan dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Berkenaan dengan tujuan diselenggarakannya berbagai lomba tersebut, Letkol Marinir Adi Sucipto, S.T., M.Tr.Hanla selaku Komandan Lanal Melonguane menyampaikan bahwa pembinaan serta penanaman rasa dan jiwa nasionalisme bagi masyarakat yang tinggal di perbatasan terutama di pulau-pulau kecil terluar sangat penting untuk dilakukan sejak dini, termasuk kepada para pelajar. Lomba-lomba dengan tema nasionalisme tersebut merupakan salah satu cara Lanal Melonguane untuk mendidik para pelajar akan rasa dan jiwa nasionalisme akan tertanam di dalam diri mereka. “Melalui lomba menggambar, diharapkan para siswa SD mampu mencurahkan fikiran dan daya imajinasi mereka untuk mengingat, menghafal dan juga melukiskan/menggambarkan hal-hal yang berkaitan dengan nasionalisme, melalui lomba membuat puisi diharapkan para pelajar mampu menuangkan fikiran dan perasaan mereka untuk bagaimana merangkai kalimat-kalimat indah untuk membangkitkan rasa nasionalisme serta melalui lomba cerpen bagi pelajar SMK diharapkan mereka dapat mencurahkan fikiran, rasa dan karsa mereka dalam merangkai kalimat, paragraf yang pada akhirnya menciptakan sebuah kisah pendek tentang bagaimana kecintaan, kebanggaan serta keinginan akan pengabdian kepada NKRI”, ujar Danlanal Melonguane.

“Lomba tersebut kami selenggarakan dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera Tahun 2021, dimana Hari Besar tersebut kita peringati untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur dalam berbagai pertempuran laut untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan NKRI dari tangan para penjajah. Semoga ini menjadi salah satu Dharma Bhakti kami para prajurit laut yang bertugas di wilayah perbatasan,” Pungkas Perwira menengah Korps Marinir alumni AAL tahun 2000 tersebut.

Mengakhiri pernyataannya, Danlanal Melonguane mengharapkan agar masyarakat di Pulau Miangas terutama para pelajar untuk rajin dan tekun belajar sehingga nanti mereka dapat bersaing dengan putra-putri Indonesia dari wilayah lain. Melalui media ini, ia juga mengharapkan berbagai pihak untuk turut membantu, memperhatikan dan memberikan solusi atas berbagai kendala dan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan, baik itu masalah ketahanan pangan dan energi, masalah pendidikan dan kesehatan maupun masalah-masalah lainnya yang telah sekian lama dihadapi oleh masyarakat. “Semoga kehadiran kita merupakan bagian dari solusi,” Tandasnya.