DANLANAL MATARAM PIMPIN LATIHAN PRAKTEK SELAM DASAR PRAJURIT LANAL MATARAM

Lanal Mataram – Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, S.H., memimpin Prajurit Lanal Mataram melaksanakan latihan praktek selam dasar di Kolam Renang Tirta Mayura Jl. Jala Sena, Mayura, Kec. Cakranegara, Kota Mataram, NTB. Selasa (26/01/2021).

  

Kegiatan latihan praktek selam dasar di awal tahun 2021 ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan dan penyegaran menyelam bagi prajurit TNI AL, dengan dipimpin langsung Danlanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, S.H.

Sebelum pelaksanaan Latihan Praktek Selam Dasar, prajurit Lanal Mataram melaksanakan senam pemanasan dan mendapatkan materi penyegaran bagaimana menggunakan peralatan selam seperti masker, snorkler, fin (kaki katak), boot (sepatu selam), life vest (pelampung), Bouyancy Compensator Divice (BCD), tabung, regulator, pressure & deep gauge (alat monotorisi tabung selam dalam kedalaman) serta weightbelt (pemberat) dari instruktur selam anggota Lanal Mataram sendiri.

Pada Latihan Praktek selam dasar kali ini, sebelum melaksanakan selam,  para prajurit Lanal Mataram diberi materi ketahanan di dalam air atau water trapen selama 5 menit, setelah itu secara bergiliran menyelam di kolam renang. Pelaksanaan latihan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru.

Komandan Lanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, S.H., dalam sebuah kesempatan menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menyiapkan personel dan peralatan dalam pelaksanaan tugas sehingga benar-benar siap digunakan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan, apa lagi dalam cuaca yang ekstrim seperti saat ini yang rentan terjadi bencana atau musibah. “Dengan latihan ini akan membentuk mental dan kemampuan personel sehingga siap melaksanakan tugas kapanpun dibutuhkan,” lanjut Danlanal Mataram.

Kegiatan latihan praktek selam dasar tersebut dilaksanakan selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan “Bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman”.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni  Danlanal Mataram, Para Perwira Staf Lanal Mataram, Bintara dan Tamtama Lanal Mataram serta instruktur selam.

 

/  Dispen Lantamal VII