BINPOTMAR PRAJURIT POSAL ATAPUPU DI HOME INDUSTRI MINYAK KAYU PUTIH SONE BITIMO

Lantamal VII – Prajurit Pos TNI AL (Posal) Atapupu melaksanakan Pembinaan Potensi Maritim di Industri Minyak Kayu Putih Sone Bitimo dengan Bpk. Paulus Saku dan Ibu Febriana Neonufa yang bertempat tinggal dan beralamat di Desa Sone, Kec. Insana Tengah Kab. TTU, NTT. Rabu (27/01/20201).

Kelompok Industri minyak kayu putih sone bitimo yang berdiri mulai tahun 2014 ini adalah home industri yang memperkerjakan warga desa sone sebanyak 50 orang. Sedangkan 50 orang tersebut masih dibagi menjadi 5 kelompok kecil yang mana setiap kelompok kecil tersebut terdiri dari 10 orang.  Setiap hari yang bekerja hanya 1 kelompok kecil.

Cara produksi ambil daun kayu putih lalu dipisahkan antara ranting dan daunnya kemudian daunnya dikukus, dari asapnya tersebut akan keluar butiran minyak yg akan terpisah dengan sendirinya melalui jalur pipa yang dipasang di alat kukusnya, untuk 182 kg daun kayu putih bisa jadi 2 liter minyak kayu putih. Hasil produksi setiap harinya 2 liter minyak kayu putih dengan di jual perbotol ukuran 600 ml sekitar 250 ribu sampai dengan 300 ribu rupiah.

Namun pada tahun 2019 mesin produksi mengalami kerusakan dan Desa Sone mengalami kekeringan sehingga tidak produksi sampai dengan sekarang. Dan dengan adanya kegiatan Binpotmar ini, semoga bisa menjadi pendorong dan dapat menjembatani masalah yang dihadapi agar kelompok Home Industri  Minyak Kayu Putih Sone Bitimo bisa beroperasi lagi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan desa setempat.

 

/ Dispen Lantamal VII