PRAJURIT POSAL BATULICIN BEKERJASAMA DENGAN INSTANSI TERKAIT LAKSANAKAN PEMERIKSAAN KAPAL YATCH ASAL JERMAN

TARAKAN – Pos TNI AL (Posal) Batulicin merupakan Posal dibawah jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) Kotabaru, dibawah Komando Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan yang berkedudukan di Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan. Pada pukul 22.15 Wita, Prajurit Posal Batulicin berkerjasa dengan instansi terkait melaksanakan pemeriksaan terhadap Kapal Yatch asal Jerman yang sedang lego jangkar di Perairan Pulau Suwangi, Batulicin, Minggu (24/01/21).

Pemeriksaan tersebut bermula dari adanya pantauan pada pukul 14.00 Wita, bahwa termonitor keberadaan Kapal Yatch berlayar di Perairan Selat Laut dari arah Kotabaru menuju Batulicin dengan kecepatan 4.5 knot, saat tiba di Perairan Pulau Suwangi tiba-tiba kecepatan menjadi 0 knot yakni pada pukul 16.00 s.d 18.30 Wita. Selanjutnya Posal Batulicin berkoordinasi dengan instansi terkait untuk bersinergi melaksanakan pemeriksaan ke lokasi menggunakan sarana Patkamla Kapak Posal Batulicin.

Dari pemeriksaan yang telah dilaksanakan diketahui bahwa, Yatch tersebut bernama Avon berbendera Jerman dengan Nahkoda an. Erbse, laki-laki (53 tahun) dan ABK an. Hoffmann, perempuan (58 tahun), keduanya WNA asal Jerman. berlayar dari Saumlaki tujuan Bali. Setelah dilaksanakan koordinasi, dihasilkan kesepakatan bahwa pemeriksaan akan dilanjutkan pada Senin (25/01/21), adapun nahkoda akan menunggu tim kembali untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan dokumen lebih lanjut. Selama pemeriksaan berlangsung, berjaln kondusif, lancar dan aman serta perkembangan situasi akan dilaporkan secara berkala.

Turut tegabung dalam pemeriksaaan tersebut diantaranya, Imigrasi Batulicin, KSOP Kotabaru, KSOP Batulicin dan KKP Batulicin.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.