PELIHARA DAN TINGKATKAN KEMAMPUAN, PRAJURIT LANAL MATARAM PENYEGARAN LATIHAN SELAM DASAR

Lanal Mataram – Dalam rangka untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan serta profesionalisme, Prajurit Lanal Mataram melaksanakan kegiatan penyegaran latihan selam dasar, bertempat di Mako Lanal Mataram, Jalan Malomba No 2, Ampenan Selatan, Kec. Ampenan, Kota Mataram, NTB. Jumat (22/01/2021).

 

Kegiatan penyegaran latihan selam dasar yang dilaksanakan prajurit Lanal Mataram tersebut merupakan latihan operasi matra laut yang bertujuan untuk memelihara, meningkatkan profesionalisme dan menguji kemampuan prajurit perorangan guna mencapai kemampuan standar prajurit dalam melaksanakan kegiatan selam dasar. Dalam kegiatan penyegaran tentang selam dasar tersebut disampaikan materi atau teori meliputi pengetahuan selam dasar; pengetahuan atau pengenalan peralatan selam dan penggunaannya; dan P3K khususnya akibat penyelaman/tenggelam.

Komandan Lanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, S.H., dalam sebuah kesempatan menyampaikan bahwa kegiatan penyegaran latihan selam dasar untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan prajurit dalam menyelam. Kemampuan menyelam merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki prajurit TNI AL, khusus bagi prajurit yang berdinas di KRI atau KAL.

“Kemampuan selam dasar sangat bermanfaat dan berguna dalam pengecekan rutin bangunan kapal bawah air termasuk kemudi, propeler dan peralatan navigasi ataupun dalam situasi darurat seperti kebocoran”, lanjut Danlanal Mataram.

Kegiatan penyegaran latihan selam dasar prajurit Lanal Mataram ini sebagai bentuk tindak lanjut dari perintah harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan “Bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman”.

/ Dispen Lantamal VII