DANPOSAL WAINGAPU IKUT RAKOR PENANGANAN COVID-19 KABUPATEN SUMBA TIMUR

Lanal Pulau Rote – Danposal Waingapu Letda Laut (T) Siswanto mengikuti rapat koordinasi (Rakor) Penanganan Covid – 19 di wilayah Kabupaten Sumba Timur, bertempat di Aula Sekda Sumba Timur,  Jalan Soeharto No 42, Kelurahan Matawai, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Rabu (20/01/2021).

Rapat Kordinasi Penanganan Covid – 19 di wilayah Kabupaten Sumba Timur dipimpin oleh Setda Kabupaten Sumba Timur yang di hadiri +- 30 orang. Dalam sambutannya Sekda Sumba Timur  menyampaikan evaluasi penanganan Covid – 19 pada tahun 2020 dan bagaimana kita menangani di tahun 2021. Adakan tes rapid antigen secara acak terhadap pelaku perjalanan darat antar Kecamatan dan Kabupaten serta agar Posko Satgas Covid – 19 melakukan konferensi pers setiap ada perkembangan pasien positif Covid – 19.

 

Selain itu dalam rapat juga ditekankan agar masing-masing bagian saling berkordinasi bagaimana langkah dalam penanganan Covid – 19, setiap Direktur RSU memaparkan kegiatan penanganan pasien Covid – 19 dan kendala-kendala yang di hadapi. Untuk Posko menjelaskan Posisi pasien yang baru dan segera di lakukan trakcing bagi keluarga kontak erat untuk di rapid. Karena penularan  pasien yang baru lebih bahaya daripada yg lama.

 

Masalah minimnya pengetahuan masyarakat tentang bahaya Covid – 19 agar di laksanakan sosialisasi door to door dengan mematuhi protokol kesehatan. Dinkes berkordinasi dengan TNI dan POLRI bagaimana mensosialisasikan kepada masyarakat karena masyarakat tidak semuanya bisa melihat di media sosial.

Dalam rapat koordinasi juga dibahas tentang permasalahan dan kendala yang ada dilapangan antara lain: Pemeriksaan  Laboratorium di Kupang memakan waktu lebih dari 2 minggu, Pesawat Nam Air yang biasa di pakai untuk mengirim sampel swab tidak beroperasi sampai dengan akhir bulan Januari sehingga pengiriman di alihkan dengan menggunakan pesawat citilink serta minimnya pengetahuan masyarakat tentang Covid – 19.

 

Adapun arternatif solusi dalam mengatasi permasalahan yang ada antara lain Perlu adanya laboraturium untuk memeriksa sample di Kabupaten Sumba Timur, Perlu tersedianya alat rapid antigen yang banyak dan Perlu sosialisasi lewat media sosial.

 

Kegiatan ini sesuai dengan perintah harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang mengatakan “Jadilah contoh dan teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan wabah Covid – 19, serta cepat beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan normal baru atau “The New Normal” di lingkungan TNI Angkatan Laut, serta jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinegritas dalam kesemestaan”.

 

Hadir dalam kegiatan Rakor : Dandim 1601/ ST, Wakapolres ST, Sekda ST,  Para Asisten Setda ST, Para Kepala Kantor/Dinas dan Badan se Kab ST, Kepala UP Bandara Umbu Mehang Kunda, Kepala KSOP Waingapu, Danposal Waingapu,  Direktur RSUD Umbu Rara Meha, Direktur RSU Imanuel, Direktur RSK Lindimara, Ketua MUI ST dan Para Insan Pers.

 

 

By. Dispen Lantamal VII.