DANPOSAL LABUAN BAJO CEK KERAMBA BUDIDAYA IKAN KERAPU

Lanal Maumere – Komandan Pos TNI AL (Danposal) Labuan Bajo Letda Laut (PM) Dedi Erwantoni beserta prajuritnya melaksanakan pengecekan budidaya ikan kerapu dalam keramba jaring apung nelayan binaan Posal Labuan Bajo, perairan Pulau Kukusan, Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, NTT. Selasa (19/01/2021).

Budidaya ikan kerapu dalam keramba jaring apung dalam program ketahanan pangan kampung bahari nusantara Posal Labuan Bajo sudah berjalan dan menunjukkan perkembangan yang baik. Setelah diadakan pemisahan ikan kerapu ke keramba berdasarkan besar kecilnya beberapa waktu yang lalu, Danposal Labuan Bajo beserta prajuritnya melaksanakan pengecekan keramba jaring apung dan melatih ikan kerapu menggunakan pakan ikan rucah sebagai pengganti alternatif pakan ikan komersil (pelet).

Digunakannya ikan rucah yang dinilai cukup menjanjikan dan dijadikan sebagai “dewa penolong” bagi pembudidaya ikan kerapu karena harga pakan ikan rucah lebih murah dibandingkan pakan ikan komersil dan bahan baku ikan rucah banyak tersedia di sekitar Labuan Bajo. Sehingga diharapkan biaya operasional lebih murah dan kebutuhan protein bagi budidaya ikan kerapu nelayan binaan Posal Labuan Bajo dapat terjamin dan terpenuhi.

Budidaya ikan kerapu yang dilaksanakan Posal Labuan Bajo tersebut sesuai dengan kebijakan Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang menyatakan bahwa di setiap Satkowil dan Non Satkowil Jajaran TNI AL diseluruh Indonesia diharapkan melaksanakan program ketahanan pangan kampung bahari nusantara di masa pandemi Covid-19 saat ini.

 

 

By. Dispen Lantamal VII