KELUARGA BESAR LANTAMAL XIII ANTUSIAS MENGENAL KAPAL LEGENDA KRI DEWA RUCI MELALUI LAYAR KACA

TARAKAN – KRI Dewa Ruci merupakan sebuah simbol kejayaan Indonesia di laut, Indonesia dikenal oleh manca negara tak lain berkat keberadaan salah satu kapal yang kini sudah menginjak usia 68 tahun yakni KRI Dewa Ruci, yang merupakan Kapal Layar Latih Taruna Akademi TNI Angkatan Laut (AAL). Pada Minggu (17/01/21) pukul 07.00 WIB, banyak yang tertangkap kamera bahwa ternyata Keluarga Besar Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) turut antusias mengenal lebih dekat Kapal Legendaris KRI Dewa Ruci melalui layar kaca yang disiarkan oleh Stasiun TV Nasional Kompas TV.

Saat ditayangkan di televisi, tampak disaksikan oleh para Keluarga Besar Lantamal XIII baik yang berada di Rumah Dinas (Rumdis), Mess, bahkan di KRI Pari-849 dan dan KRI Sidat-851 yang sedang melaksanakan sandar di Dermaga Lantamal XIII. KRI Dewa Ruci yang merupakan salah satu kapal kebanggan TNI AL ini memiliki panjang 58,3 meter dan lebar 9,5 meter. Kapal ini memiliki tiga dek, yakni dek untuk menampung logistik cair (Logca) air bersih dan bahan bakar hingga dek yang menampung kru dan personel kapal. Di usia yang tak muda lagi, kapal layar ini masih terlihat sangat kokoh dan mempesona, bahkan hingga saat ini, kapal ini masih digunakan sebagai Kapal Latih AAL.

Selain sebagai tempat pendidikan bagi para Taruna TNI AL, kapal ini juga sebagai pembawa misi diplomasi ke luar negeri dengan tujuan untuk memperkenalkan budaya dan keanekaragaman Indonesia.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.