Kepala Staf Koarmada II Hadiri Taklimat Awal Review Itjenal TA.2020

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 07 Januari 2021.

Dari gedung Puskodal Koarmada II, Kepala Staf Koarmada II Laksma TNI Dafit Santoso terwujud Taklimat Awal Review Laporan Keuangan (LK) Irjenal pada Laporan Keuangan Semester II TA. 2020 Unit Organisasi (UO) TNI AL yang diselenggarakan oleh Inspektorat Jenderal Angkatan Laut (Itjenal), pada Kamis (07/01).

Review taklimat awal LK semester 2 TA. 2020 UO TNI Angkatan Laut merupakan program kerja pemeriksaan Tahun Anggaran 2021, dalam rangka penyusunan LK Kemhan RI TA. 2020 yang diamanatkan dalam undang-undang nomor 17 tahun 2003 tentang keuangan negara dan undang-undang nomor 1 tahun 2004 tentang perbendaharaan negara.

Laksda Irjenal TNI Moelyanto yang dibacakan oleh Irbin Irjenal Laksma TNI Fransiskus Sugeng Rianto mengatakan, jika sesuai dengan standar akuntansi pemerintah bahwa review pada kenyataan merupakan penelaahan atau penelusuran angka-angka dalam laporan keuangan permintaan keterangan dan analitik.

“Sehingga diperoleh hasil yang memadai bagi aparat pengawasan intern pemerintah yang bertujuan memberikan keyakinan terbatas, bahwa tidak ada modifikasi materi yang dilakukan atas laporan keuangan agar laporan keuangan tersebut sesuai dengan standar akuntansi pemerintah“ ungkap Laksma Sugeng

Pada kesempatan tersebut Laksma Sugeng juga berharap penyusunan laporan keuangan tahun 2020, khususnya UO TNI Angkatan Laut dapat di peroleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). “Meskipun saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 saya berharap tidak berdampak signifikan terhadap pelaksanaan maupun kualitas hasil review. Seluruh satker agar memberi data informasi serta penjelasan yang sesuai dengan yang dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan tinjauan “, pungkasnya.

(Pena2).