GUNA MENDUKUNG OPERASI MILITER SELAIN PERANG, LANTAMAL XIII GELAR LATSAR DI LAUT

TARAKAN – Dalam rangka mendukung Operasi Militer Selain Perang (OMSP) guna menghadapi kegiatan-kegiatan ataupun ancaman-ancaman nonmiliter khususnya di wilayah laut, Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan menggelar Latihan Search And Rescue (LATSAR) di laut yang berlangsung di Dermaga Umum Malundung yang beralamat di Kelurahan Gn. Lingkas, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (29/12/20).

Disaksikan langsung oleh Komandan Lantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto, S.E., M.Si. dan didampingi oleh Komandan Satrol Lantamal XIII Kolonel Laut (P) Widiyatmoko Baruno Aji, S.H. selaku Perwira Penyelenggara Latihan (Papelat), Latsar tersebut bekerjasama dengan Instansi Basarnas Kota Tarakan dan juga diikuti oleh Prajurit Yonmarhanlan XIII. Berdasarkan UU TNI No. 34 Tahun 2004 pasal 7 ayat 2b butir 13 tentang membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (SAR), dengan kegiatan Latsar ini diharapkan Lantamal XIII dapat berkontribusi memberikan dukungan kepada lembaga-lembaga pemerintah yang mengalami kendala dan hambatan dalam menjalankan tugasnya, salah satunya berperan membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan atau bencana di laut.

Danlantamal XIII mengatakan bahwa, “Latsar ini diselenggarakan dalam rangka memelihara profesionalisme personel Lantamal XIII sekaligus untuk melatih koordinasi atau melatih sinergitas dengan instansi lain yang mungkin terlibat dalam kegiatan SAR. Karena selama ini kegiatan SAR lebih sering dilaksanakan secara bersama-sama baik oleh TNI AL maupun bersama instansi terkait lainnya. Adapun kesiapan Lantamal XIII dalam mendukung kegiatan SAR, Lantamal XIII telah menyiapkan personelnya untuk SAR di darat dan SAR di laut, dengan harapan, sewaktu-waktu ada panggilan tugas SAR, Lantamal XIII mampu melaksanakan tugas tersebut baik secara mandiri maupun bersinergi dengan satuan lain”.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Asops Danlantamal XIII Kolonel Laut (P) Yosafat Indarto, S.T., Karumkital Ilyas Tarakan Letkol Laut (K) dr. Mukti Fahimi, Sp.PD.FINASIM. dan Kadiskes Lantamal XIII Letkol Laut (K) Moh Muktadir, A.Md., S.K.M., M.H.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.