UPAYA LANAL YOGYAKARTA SEBAGAI PELESTARIAN ANAK PENYU

UPAYA LANAL YOGYAKARTA SEBAGAI PELESTARIAN ANAK PENYU

Lantamal V, 15 Desember 2020,—

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Marinir Harry Indarto, S.E, M.M didampingi Ketua Jalasenastri Cab 8 Korcab V DJA II, Ny, Neneng Harry Indarto, melakukan Konservasi melepaskan anak penyu kehabitat asalnya di Pantai Congot, Jangkaran, Temon Kabupaten Kulon Progo, Selasa (15/12).

Dalam sambutan Danlanal Yogyakarta menyampaikan penyu atau tukik merupakan salah satu fauna yang dilindungi karena popularitasnya sudah terancam punah. Kegiatan konservasi merupakan salah satu cara untuk menjaga kelestarian habitat penyu di Indonesia, kesadaran masyarakat mempunyai peran penting untuk menjaga kelestariannya. Sebagian masyarakat di Kabupaten Kulon Progo sudah memiliki kesadaran lebih, untuk melestarikan dan menjaga habitat penyu. Pada kesempatan ini, jenis penyu yang dilepas adalah Penyu lekang yang berumur 15 hari sejak penentasan dan berjumlah 140 ekor.

Pelepasan anak Penyu atau Tukik yang dilakukan oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut Yogyakarta dan Pengurus Jalasenastri Cab 8 Korcab V DJA II, tak lepas dari Peran Perwira Potensi Maritim, Mayor Laut (K/W) Herlina A.Md beserta Stafnya, ini merupakan salah satu program kerja Potmar Lanal Yogyakarta TA 2020. diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi salah satu langkah penting untuk menjaga ekosistim penyu di perairan Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh Perwira Staf dan Prajurit Lanal Yogyakarta, Pengurus Jalasenastri Cab 8 Korcab V DJA II, Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yga, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSD) Kulon Progo, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Muspida dan masyarakat pesisir pantai Congot Kulon Progo kegiatan tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran Pemerintah dan perintah Pimpinan TNI Angkatan Laut.