PASINTEL LANAL MAUMERE HADIRI RAPAT PARIPURNA IX DAN X MASA SIDANG I TAHUN SIDANG 2020/2021 DPRD KAB. SIKKA

Lanal Maumere – Pasintel Lanal Maumere Mayor Laut (P) M. Makruf menghadiri  Kegiatan Rapat Paripurna IX dan X Masa Sidang I Tahun Sidang 2020/2021 DPRD Kab. Sikka, bertempat di Ruang Sidang Gedung DPRD Sikka, Jln. El Tari, Kota Uneng, Kec. Alok, Kab. Sikka, NTT. Senin (14/12/2020).

Kegiatan Rapat Paripurna IX dan X Masa Sidang I Tahun Sidang 2020/2021 DPRD Kab. Sikka dengan materi “Penetapan Keputusan DPRD Tentang Persetujuan Terhadap RAPBD T.A 2021 Serta 2 Buah Raperda dan Revisi RPJMD Tahun 2018-2023 dibuka olehKetua DPRD Sikka Donatus David, S.H., selaku Pimpinan Sidang Paripurna. Selanjutnya sidang dilanjutkan dengan Pembacaan Banggar oleh Sekwan DPRD Kab. Sikka, Laporan Hasil Kerja Pansus I, Laporan Hasil Kerja Pansus II, Penyampaian Sikap Politik Fraksi – fraksi DPRD, dengan kesimpulan menyetujui dan mendukung Ranperda tersebut, Pembacaan Naskah Ranperda dan Penetapan Keputusan Ranperda menjadi Perda dan disetujui oleh Anggota DPRD Kabupaten Sikka.

Setelah itu pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Badan Permusyawaratan Daerah (BPD) yang ditetapkan menjadi Perda,  Ranperda tentang Program Pembentukan Peraturan Derah Kab. Sikka T.A 2021 yang ditetapkan menjadi Perda,. Ranperda tentang Penyelenggaraan Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan yang ditetapkan menjadi Perda dan Ranperda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kab. Sikka T.A 2021 yang ditetapkan menjadi Perda

Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, dalam sambutannya menyampaikan Apresiasi setinggi-tingginya kepada segenap Anggota DPRD Sikka yang dengan sabar merancang Ranperda Pemda Sikka ini, dan dibahas dengan hangat dengan evaluasi berbagai data. Ranperda Sikka ini telah disesuaikan oleh Tim Anggaran Prov. NTTt, rancangan tersebut antara lain mengenai PAD, Retribusi, Pendapatan Transfer Antar Daerah bersumber dari pendapatan bagi hasil kerjasama, Belanja Daerah (belanja operasi, Belanja modal, belanja transfer).

Terpisah Ketua DPRD Sikka Donatus David, S.H., menyampaikan dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia, saya ingin mengajak untuk memberantas Korupsi di Kab. Sikka. Pemerintah daerah harus mengadakan Sistem Pemerintahan Terpadu dengan akuntabel, penerapan informasi berbasis aktual. Saat ini kita mengalami Resesi Daerah akibat dari Pandemi ini, pemerintah harus melakukan pengawasan dan pendampingan. DPRD sepakat untuk mendukung Pemda meningkatkan kualitas pendidikan, perlu adanya pertemuan khusus dengan Pemprov dan Pusat terkait pendidikan.

Setelah penetapan rancangan perarturan daerah (Ranperda) menjadi peraturan derah (Perda) kegiatan rapat diskors dan dilanjutkan dengan pembentukan Pansus.

Hadir dalam kegiatan Ketua DPRD Sikka, Donatus David, S.H., Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, Wakil Ketua DPRD Sikka, Yosef Karmianto Eri, Wakil Ketua DPRD Sikka, Gorgonius Nago Bapa, Pasintel Lanal Maumere Mayor Laut (P) M. Makruf,Mewakili Kapolres Sikka, Iptu Pol A. Weto,  Mewakili Dandim 1603/Sikka, Letda Inf Nyoman M.D, Seluruh Anggota DPRD Kab. Sikka, Forkopimda dan SKPD Lingkup Kab. Sikka.

 

By. Dispen Lantamal VII