PRAJURIT POSMAT TNI AL PPU SIAP BANTU SAR KORBAN LAKA LAUT PERAHU NELAYAN YANG TERTABRAK KAPAL TANKER

TARAKAN – Bersama Tim SAR gabungan, Prajurit Pos Pengamat (Posmat) TNI AL Penajam Paser Utara (PPU) siap membantu melaksanakan SAR terhadap korban laka laut perahu nelayan yang tertabrak kapal tanker di Perairan Muara Talake, sekitar area lokasi Transhipment kapal Batu bara di Kecamatan Longkali Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (09/12/20).

Laka laut tersebut diketahui berdasarkan adanya informasi bahwa pada hari Minggu (06/12/20) sekira pukul 15.00 Wita, 2 orang nelayan a.n. Pak Saming, laki-laki (49 tahun) dan Pak Mahmud, laki-laki (59 tahun) yang beralamat di RT. 01, Kelurahan Sungai Parit, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU, berangkat melaut dan pada hari Selasa (08/12/20) sekira pukul 02.00 Wita dini hari, kedua korban melaksanakan istirahat di perahunya dengan cara berlabuh jangkar di sekitar Perairan Muara Talake. Ditengah istirahatnya, tiba-tiba salah satu korban a.n. Pak Mahmud terbangun karena mendengar hal aneh dan tersadar melihat sebuah kapal tanker mendekat kearah perahu korban yang sedang berlabuh, seketika itu Pak Mahmud langsung membangunkan temannya a.n. Pak Saming untuk segera memotong tali jangkarnya, namun karena reaksinya terlambat, kapal tanker telah menghantam perahunya hingga terbalik. Pak Saming tenggelam namun sempat berenang kepermukaan sela-sela perahu yang sedang terbalik sembari mengambil nafas, sekitar setengah jam kemudian pak Saming berenang naik ke atas badan perahu yang terbalik dan terapung-apung di tengah laut.

Pada hari Rabu (09/12/20) sekira pukul 07.00 Wita, ada sebuah kapal pemancing dari Penajam yang secara kebetulan melintas dan melihat korban, sehingga langsung menolong Pak Saming dan mengantar ke rumahnya di RT. 01 Kelurahan Sungai Parit. Namun sampai dengan saat ini satu korban lainnya a.n. Pak Mahmud belum di ketemukan dengan ciri-ciri pakaian terakhir yang digunakan adalah memakai baju dalam laskar merah putih dan baju luar werpak warna merah.

Adapun petugas yang tergabung dalam pengumpulan data awal sebelum pelaksanakan SAR terhadap satu korban yang belum ditemukan antara lain, BPBD PPU, Satpol Airud Polres PPU, Lurah Sungai Parit, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Relawan Info PPU.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.