KRI Diponegoro-365 Sandang Predikat KRI Teladan Tahun 2020

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 07 Desember 2020.

Predikat tingkatan sebagai KRI Teladan Tahun 2020 di jajaran TNI AL berhasil disandang oleh KRI Diponegoro-365, dari unsur Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II. Penghargaan akan prestasi tersebut diberikan langsung oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM pada puncak acara HUT Ke-75 Armada RI Tahun 2020 di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung pada Senin (07/12).

KRI Diponegoro (DPN-365) yang di komandani oleh Letkol Laut (P) Lewis N. Nainggolan, merupakan kapal pertama korvet kelas SIGMA milik TNI Angkatan Laut yang dibuat oleh galangan kapal Schelde, Belanda pada tahun 2005.  Kapal perang ini mempunyai kemampuan peperangan anti-kapal permukaan, peperangan anti-kapal selam dan peperangan anti-pesawat udara.

Dalam penentuan penilaian terpilihnya kapal perang terbaik meliputi 3 (tiga) aspek yaitu aspek Operasi, aspek Material, dan aspek Personel. Aspek Operasi meliputi bagaimana proses Penghentian, pemeriksaan dan penahanan (Henrikhan), efisiensi operasi (Eops), serta jam layar.

Sementara aspek Material menyangkut kesiapan teknis KRI dalam menjalankan operasi, sedangkan Aspek Personel berkaitan dengan kesiapan, keterampilan serta profesionalisme prajurit dalam menjalankan tugas kedinasan dalam pengawakan KRI. Juga tidak lupa adanya penilaian atas masalah kebersihan maupun kerapian KRI dan pemeliharaan serta perawatan KRI juga menjadi bagian dari penilaian.

Terpisah, Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G Sudihartawan mengapresiasi  prestasi tersebut dengan ungkapan rasa bangga. “ Semoga predikat Teladan mampu memberi inspirasi bagi KRI lainnya di Koarmada II, untuk meraih prestasi serupa. Tidak hanya KRI, namun juga Lanal dan Lantamal jajaran Koarmada II, “ ujar Laksda Sudihartawan.

Penghargaan lain juga diberikan kepada Lantamal I Belawan Koarmada I sebagai Lantamal Teladan. Berikutnya Lanal Teladan Tipe B diberikan kepada Lanal Ternate Lantamal XIV Sorong, Koarmada III. Selanjutnya Lanal Teladan Tipe C diraih oleh Lanal Tanjung Balai Karimun, Lantamal IV Tanjung Pinang Koarmada I. Dua predikat Teladan lainnya diraih Lanudal Manado Lantamal VIII Manado Koarmada II sebagai Lanudal Teladan, dan Batalyon Taifib 2 Marinir sebagai Batalyon Teladan.

(Pena2).