KOMANDAN LANTAMAL V HADIRI UPACARA HUT ARMADA DAN PERESMIAN KRI

Lantamal V, 7 Desember 2020,—
Koamandan Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, S.E., M.M., S.Soc.,Sc. menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Armada RI 2020 dan peresmian enam Kapal Perang Republik Indonesia (KRI). Acara dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. sekaligus mengukuhkan masing-masing Komandan KRI yang dilaksanakan di Dermaga Koarmada II Ujung Surabaya, Senin (7/12).

HUT Armada 2020 kali ini mengambil tema “ Jaya Di samudera UntukIndonesia maju “. Upacara peringatan tahun ini dilaksanakan secara minimalis dengan menerapkan standar protokol kesehatan di era pandemi covid-19.

Peringatan HUT Armada kali ini terbilang istimewa karena bersamaan dengan peresmian enam KRI dan pengukuhan Komandan KRI yang dilaksanakan seusai upacara Peringatan Hari Armada Republik Indonesia. Diawali acara delivery KRI dengan kegiatan sambutan Direktur Utama Galangan, pembacaan laporan pelaksanaan pembangunan kapal oleh Dansatgas dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan sambutan Kasal.

Pelaksanaan peresmian ditandai dengan penekanan tombol bunyi sirene diikuti dengan pembukaan selubung nama KRI oleh Kasal, penaikan ularular perang, lencana perang dan penaikan bendera pavoiseren. Sementara pelantikan Komandan KRI diawali dengan pembacaan Keputusan Kasal, penyematan tanda pangkat dan jabatan, pembacaan sumpah, penandatanganan sumpah dan laporan resmi.

Dari enam KRI tersebut dua adalah jenis Angkut Tank (AT) yaitu KRI Teluk Kendari (TKD)-518 untuk Satfib Koarmada I dan KRI Teluk Kupang (TKP)-519 untuk Satfib Koarmada II. Dua KRI ini produksi PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari. Sementara empat KRI lainnya jenis Patroli Cepat (PC) 40 yaitu KRI Posepa (PSP)-870 untuk Satrol Lantamal X dan KRI Escolar (ECL)-871 untuk Satrol Lantamal VII yang merupakan produksi PT Caputra Mitra Sejati Banten sementara KRI Karotang (KTG)-872 untuk Satrol Lantamal I dan KRI Mata Bongsang (MBS)-873 untuk Satrol Lantamai X merupakan produksi PT Karimun Anugerah Sejati Batam.