DANTIM INTEL LANTAMAL XIII IKUTI RAKOR PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PMI NON PROSEDURAL

TARAKAN – Komandan Tim Intelijen Pangkalan Utama TNI AL XIII (Dantim Intel Lantamal XIII) Tarakan Letkol Laut (KH) Herlan Tismara, S.Sos. mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pencegahan dan Pemberantasan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Non Prosedural yang berlangsung di Hotel Royal Tarakan, Jl. Mulawarman, No. 14, Karang Anyar, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Sabtu (05/12/20).

Rakor tersebut diselenggarakan oleh Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) wilayah Nunukan dan dihadiri oleh Kepala UPT BP2MI Nunukan Kombes Pol. Hotma Victor Sihombing, Dandim 0907 Tarakan, Danyonmarhanlan XIII, Kasat Reskrim PolresTarakan mewakili Kapolres, perwakilan Polairud Tarakan, para Danramil, para Kasat Binmas, para Kapolsek, para Camat, para Lurah sewilayah Tarakan dan Instansi terkait lainnya.

Dalam rakor tersebut, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan meliputi, sambutan Kepala BP2MI Nunukan dilanjutkan paparan, paparan Kasat Reskrim PolrestaTarakan, paparan dari Imigrasi Tarakan, diskusi, penandatanganan bersama dan penandatanganan komitmen bersama. Adapun rekomendasi hasil rapat diantaranya, meningkatkan kerjasama/sinergitas antar stakeholder untuk mencegah dan menindak pelaku/sindikat PMI non prosedural, melakukan sosialisasi yang sistemik dan masif terhadap masyarakat dengan melibatkan semua unsur terkait dalam hal ini Pemerintah Pusat dan Daerah untuk mewujudkan gerakan masyarakat anti Human Trafficking (perdagangan manusia), memberantas mafia pengiriman PMI non prosedural dengan menjadikan musuh bersama, mencegah keterlibatan oknum aparat yang membantu kegiatan illegal tersebut serta meningkatkan patroli/pengawasan oleh aparat terkait dijalur-jalur strategis yang sering digunakan untuk masuknya PMI non prosedural.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.