Danlantamal VI Ikuti Upacara Hari Armada RI Tahun 2020 secara Virtual

Makassar. Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP, mengikuti upacara Hari Armada Republik Indonesia (RI) Tahun 2020 di Dermaga Ujung Surabaya secara virtual bertempat di ruang Kajaolalido Mako Lantamal VI, Senin (07/12/2020).

Pada upacara Hari Armada Tahun 2020 secara virtual tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Dalam upacara Hari Armada RI Tahun 2020 secara virtual, Kasal mengatakan Seiring dengan dinamika perubahan ancaman dan kompleksitas tugas tugas angkatan laut kedepan kekuatan Armada RI harus terus dibangun dan diperkokoh, unsur unsur kekuatan Armada RI harus dipersiapkan dan perlengkapi sebagai kekuatan yang modern, tidak hanya dengan menghadirkan Alutsista yang baru namun juga pembangunan secara menyeluruh meliputi penyiapan sumber daya manusianya, sarana dan prasarana pendukung serta pengembangan doktrin, latihan dan taktik operasi.

“Buktikan kepada Negara yang kita cintai ini bahwa kalian adalah prajurt TNI Angkatan Laut Republik Indonesia, tulang punggung pertahanan Negara di laut, prajurit Jalasena yang dengan bangga menyandang moto Ghora Wira Madya Jala, prajurit gagah berani dan berwibawa di tengah samudera, buat musuhmu gentar, buat lawan berfikir, lebih baik mereka hancur ditelan ombak dan badai dari pada harus berhadapan dengan kalian, karena kalian lebih dahsyat dari ombak dan badai” Tegas Kasal.

Dalam Hari Armada tahun ini juga diresmikan enam Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) jenis Patroli Cepat 40 M dan KRI jenis Landing Ship Tank (LST), KRI tersebut adalah KRI Karotang 872, KRI Mata Bongsang 873, KRI Posepa 870, dan KRI Escolar 871, KRI Teluk Kendari 518, dan KRI Teluk Kupang 519. Semua KRI tersebut diresmikan Kasal, berikut dengan pelantikan Komandan masing-masing kapal pada Upacara Peringatan Hari Armada RI Tahun 2020.

Dengan mengusung tema “Jaya di Samudera Untuk Indonesia Maju”, upacara yang dilaksanakan di dermaga Ujung Surabaya ini berlangsung sederhana dengan standar protokol kesehatan menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19.

Turut hadir mendampingi Danlantamal VI dalam upacara secara virtual tersebut, Wakil Komandan Lantamal VI Kolonel Marinir Rudy Sulistyanto, S.E Para Asisten Danlantamal VI. Kafasharkan Makassar, Dansatrol Lantamal VI dan Ka. Kuwil Lantamal VI.