Irup Di Peresmian Satlinlamil 3, Pangkolinlamil Dan Ketua PG Jalasenastri Disambut Tradisi Tarian Paduppa

Makassar, Menjadi Inspektur Upacara diperesmian Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 3 Makassar, Pangkolinlamil Laksamana Muda (Laksda) TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) dan Ketua PG Jalasenastri Kolinlamil Ny. Nia Irwan Achmadi disambut dengan tradisi tarian Paduppa di Lantamal VI, Rabu (02/12/2020).

Menurut Kadispen Lantamal VI Kapten laut (KH) Suparman Sulo, tari paduppa adalah tari penyambutan adat khas Bugis-Makassar dari daerah Sulawesi Selatan yang digunakan dalam acara penyambutan tamu-tamu penting dan tamu kehormatan.

“Selain di acara resmi seperti ini, Tarian Paduppa biasanya dibawakan juga pada saat acara pernikahan, seminar, pertemuan-pertemuan pejabat, serta acara penting lainnya,” ungkapnya.

Tari Paduppa terdiri para gadis-gadis penari yang berjumlah ganjil. Pakaian yang digunakan dalam tari paduppa adalah baju bodo pakaian adat suku bugis-makassar sarung sutra, lengkap dengan aksesorisnya.

Sebelum disambut dengan tarian Paduppa tersebut, Pangkolinlamil mendapatkan kalungan bunga dan Ketua PG Jalasenastri mendapatkan karangan bunga yang masing-masing diserahkan oleh para penari Paduppa ini.