DANPOMAL LANTAMAL VII IKUTI RAKOR KESIAPAN PILKADA SERENTAK 9 KABUPATEN DI PROV. NTT

Lantamal VII – Danpomal Lantamal VII Letkol Laut (PM) Heri Raharjo mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi kesiapan tahapan pemungutan, Penghitungan suara, dan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada serentak 9  serta Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 bertempat di Aula Kantor KPU NTT, Jl. Polisi Militer, Kel. Oebobo, Kec. Oebobo, Kota Kupang, NTT. Kamis (03/12/2020).

Kegiatan Rapat Koordinasi kesiapan tahapan pemungutan, Penghitungan suara, dan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada serentak 9 serta Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 di pimpin oleh Ketua KPU NTT Bpk. Thomas Dohu. S. Hut. Msi., dan dihadiri 20 orang tamu undangan.

Ketua KPU NTT saat membuka rapat koordinasi menyampaikan bahwa Rapat koordinasi ini bertujuan untuk saling bertukar pikiran dan informasi, kemudian kita akan mempersiapkan langkah-langkah untuk menyukseskan pilkada serentak yang akan dilaksanakan tanggal 09 Desember 2020 diwilayah Prov. NTT. Ada 15 Hal Baru di TPS pemilihan serentak antara lain Pengaturan kedatangan, dilarang berdekatan, tidak bersalaman, mencuci tangan, Masker Sarung tangan, pelindung wajah, Alat tulis sendiri, Tissue kering, KPPS Sehat, Cek suhu Tubuh, Desinfeksi TPS, Tinta tetes dan bilik khusus. Terhadap kekurangan Logistik yang terjadi diwilayah NTT sudah dikoordinasi ke KPU RI dan menyampaikan akan segera mengirim 6.035 Surat suara. Dan diharapkan tanggal 7 Desember kesiapan Logistik sudah diterima oleh KPUD masing – masing wilayah.

Secara umum persiapan penyelenggaraan Pilkada di 9 Kabupaten Prov. NTT berjalan dengan aman dan lancar, belum ada permasalahan yang dapat mengagalkan Pilkada, namun terdapat beberapa permasalahan yang menjadi sorotan di NTT yakni ditemukan pelanggaran Protokol kesehatan, pelanggaran netralitas ASN dan berbagai potensi permasalahan lain yang dapat terjadi menjelang dan pasca Pilkada serentak tersebut. Oleh karena itu, diperlukan adanya peningkatan sinergitas antara penyelenggara, seluruh stake holder TNI-Polri dan masyarakat dalam penanganan pelanggaran netralitas ASN, menegakan protokol kesehatan dengan baik serta kesadaran bagi seluruh pihak terhadap pentingnya menjaga Kamtibmas untuk mewujudkan Pilkada yang jujur dan adil.

Adapun kesimpulan dari Rapat Koordiansi dalam Pilakda Serentak diwilayah NTT antara lain diharapkan seluruh stake holder mengantisiapasi Potensi Kerawanan yaitu :Dari pihak penyelenggara yaitu Netralitas, Profesionalitas, Kurang Paham Tata cara pemilihan, dan dibuly di Medsos; Dari Kampanye yaitu penyebaran Hoax, Kampanye Hitam, Money Politik, Perusakan alat peraga Kampanye, Kampanye diluar Jadwal dan Dana Kampanye.

Hadir dalam kegiatan :Kaoorops Polda NTT Kombes Pol Urami, Staf Ops Binda NTT Ibnu Santoso, Danpomal Lantamal VII, Dantim Inteltem 161/WS Kapten CHK Dibyo Arumadatu,PLT Sekertaris KPU Yosef Hardi Himan Sos, Komisioner KPU NTT (Bpk. Lodoweyk Fredik, Bpk Fransiskus Vincent Diaz, Ps. Kaurintelud Lanud El Tari Lettu Sus Hadi, Perwakilan Bawaslu NTT Bpk Jembres, Perwakilan Kejaksaan NTT, Perwakilan PLN NTT dan Perwakilan Telkom NTT.

 

By. Dispen Lantamal VII