KRI Bima Suci Singgahi Pulau Terdepan Utara Indonesia

TNI AL, Koarmada II, Surabaya 01 Desember 2020.

 

Setelah melintasi Laut Sulawesi, Satgas Operasi Bima Suci (OBS) 2020 singgahi pulau terluar, tepatnya di 0 KM Utara Indonesia yaitu pulau Miangas untuk melaksanakan Bhakti Sosial dengan menyerahkan bantuan logistik kepada prajurit yang bertugas di perbatasan yaitu Pos TNI AL Miangas, Sabtu (28/11/20).

Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.Hanla. selaku Komandan Satgas OBS 20 beserta rombongan singgah di Miangas menggunakan 2 unit rescue boat KRI Bima Suci dengan membawa bantuan logistik. Dalam kunjungan tersebut, Rombongan Satgas OBS 2020 disambut dengan acara seremonial tarian Suku Talaud yang dihadiri oleh Komandan Pangkalan TNI AL Melonguane Letkol Marinir Adi Sucipto M.Tr. Hanla., Kabag Pemerintahan Kabupaten Melonguane, Perwakilan Border Crossing Master Marine dan Danpos Yonif 711/RKS, Perwakilan Polsek Miangas dan Ketua Adat Miangas.

Begitu sampai di Posal Miangas, Komandan Satgas OBS melaksanakan penyerahan bantuan logistik secara simbolis kepada Posal Miangas yang diterima Danlanal Melonguane dan dilanjutkan dengan pertukaran Plakat.

 

Letkol Waluyo – sapaan karib Komandan Satgas OBS mengatakan, “kegiatan kunjungan ke Pulau Miangas adalah implementasi dari perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono agar setiap unsur KRI dalam setiap operasi menyempatkan singgah di pos-pos TNI AL maupun satgas yang bertugas di pulau terdepan dan terluar NKRI untuk memperkuat sinergitas TNI AL”, pungkas Letkol Waluyo.

Lebih lanjut Komandan Satgas OBS mengatakan bahwa “kunjungan ke Pulau Miangas merupakan rangkaian kegiatan Satgas OBS yang bertujuan untuk memberikan bantuan Logistik dan Alat Kesehatan sekaligus sebagai sarana pembelajaran pengetahuan batas wilayah NKRI kepada para Taruna AAL serta untuk memperkuat sinergitas antar prajurit TNI AL”, pungkas Letkol Waluyo

Dalam pelaksanaan penyerahan bantuan Dukungan logistik tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat sebagai tindak lanjut dari penekanan Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M. kepada Komandan Satgas OBS guna mencegah penularan Covid-19.

 

(KRI BSC)