TEKAN KASUS TRANSMISI LOKAL PENYEBARAN COVID-19, DANPOSAL LEMBATA IKUTI RAPAT KOORDINASI

Lanal Maumere – Danposal Lembata Letda Laut (PM) Triawan Anwar, S.H., menghadiri rapat dalam rangka pembahasan bertambahnya jumlah pasien positif Covid – 19 dan adanya penularan langsung pada masyarakat serta pemulihan ekonomi di wilayah Kab. Lembata,  bertempat di Ruang Rapat Bupati Lembata, Jln. Trans Lembata, Kel. Lewoleba Timur, Kec. Nubatukan, Kab. Lembata, NTT. Jumat (27/11/2020).

Rapat dalam rangka Pembahasan bertambahnya jumlah pasien positif Covid – 19 dan adanya penularan langsung pada masyarakat serta pemulihan ekonomi di wilayah Kab. Lembata yang di pimpin oleh Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, S.T., M.T.

Dalam Laporannya, Kadis Kesehatan Kab. Lembata dr. Lucia Sandra menyampaikan bahwa sejak diberlakukannya New Normal masyarakat tidak lagi patuh terhadap protokol kesehatan sehingga ada beberapa pasien yang dirawat dirumah sakit mengarah pada gejala Covid-19 maka diambil sample swab untuk dilakukan pemeriksaan TCM dimana hasilnya ada yang positif. Kasus Positif dengan transmisi lokal, selanjutya melakukan tracking untuk dilakukan pengambilan sampel swab terhadap kontak erat dengan RT-PCR di laboratorium RSU Prof. WZ Yohanes Kupang.

Terpisah, Bupati Lembata menyampaikan berdasarkan paparan dari Kepala Dinas Kesehatan Kab. Lembata bahwa masyarakat Lembata sudah terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 27 orang, Oleh karena itu perlu perhatian dari pemerintah daerah untuk masyarakat Kab. Lembata yang terkonfirmasi Covid-19 termasuk pasien yang di isolasi di rumah. Kita harus memperkuat untuk kebutuhan rumah sakit umum berkaitan dengan APD tenaga medis serta mengharapkan kerja sama yang baik dengan pihak terkait lainya untuk membantu masyarakat terkena Covid-19.

Selain itu Bupati Lembata juga menyampaikan perlu melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara terus menerus melalui media sosial dan pasien yang terpapar Covid-19 agar tidak di rahasiakan. Diminta keterlibatan pihak Koramil 1624-03/Lewoleba dalam pengawasan terhadap pasien positif yang jalani karantina mandiri. Untuk lokasi pemakaman sudah disiapkan tinggal TNI-POLRI memberikan latihan pemakaian APD.

 

/ Dispen Lantamal VII