Latihan Glagaspur TK III / L-3 Satran Masuki Tahap Tactical Floor Game (TFG)

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 27 Nopember 2020.

 

Latihan Gladi Tugas Tempur atau Glagaspur TK III / L-3 yang dilaksanakan oleh Satuan Kapal Ranjau Koarmada II, telah memasuki tahap Tactical Floor Game (TFG) yang digelar di Gedung Serbaguna Satran Koarmada II pada Kamis (26/11).

 

 

Pelaksanaan TFG ini merupakan akumulasi pelaksanaan kegiatan sebelumnya, yang meliputi pembekalan klasikal dan pengenalan peralatan di kapal serta setting ranjau EM-12 juga materi pengenalan peralatan pendeteksian portable yang dimiliki Satran Koarmada II yaitu Magnetometer, Side Scan Sonar, Multibeam Echo Sounder serta ROV.

 

TFG Glagaspur TK III / L-3 tersebut melibatkan para prajurit pengawak dari tiga KRI jajaran Satran, yakni  KRI Pulau Rengat-711, KRI Pulau Rupat-712, KRI Pulau Rimau-724. Selain itu juga melibatkan personel dari Satkopaska, Dislambair, Diskes Koarmada II, Arsenal dan Labinsen. Kegiatan TFG juga ikut dihadiri oleh Asops Pangkoarmada II Kolonel Laut (P) Isswarto, yang memberikan penekanan tentang SOP dan Manajemen Resiko serta protokol kesehatan selama latihan kepada seluruh peserta latihan.

Sementara itu Komandan KRI Pulau Rupat – 712 Letkol Laut (P) Ferry Kurniawan selaku Palaklat menyampaikan, jika glagaspur TK III / L-3 dilaksanakan dalam rangka peningkatan kemampuan prajurit Satran Koarmada II serta memelihara profesionalisme prajurit pengawak peralatan.

 

“Pelaksanaan Glagaspur TK III / L3 Satran Koarmada II ini sangat penting dalam mewujudkan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam bidang pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi. Disampung itu pelaksanaan latihan ini juga sesuai dengan arahan Pangkoarmada II Laksda I NG Sudihartawan tentang pembinaan dan peningkatan profesionalisme prajurit pengawak peralatan di kapal serta peningkatan kemampuan prajurit Satran Koarmada II, sehingga diharapkan kemampuan ini dapat mendukung tugas utama Satran Koarmada II dalam peperangan ranjau, “pungkas Letkol Ferry.

 

(Pena2).