PAURLID SINTEL LANAL MAUMERE KOMSOSMAR DENGAN PRODUSEN MINYAK KELAPA MURNI VCO

Lanal Maumere – Paurlid Sintel Lanal Maumere melaksanakan kunjungan Silaturahmi kepada Bpk Yosep Hendarsyah pemilik CV. Rahmat produsen Virgin Coconut Oil (VCO), bertempat di CV. Rahmat, Desa Koting, Kec. Nita, Maumere, Kab. Sikka, NTT. Selasa (24/11/2020).

Kegiatan kunjungan komunikasi sosial maritim (komsosmar) silaturahmi dengan pemilik CV. Rahmat an. Bpk Yosep Hendarsyah dalam rangka meninjau proses pembuatan dan pengemasan Virgin Coconut Oil (VCO). Dalam Komsosmar tersebut didapatkan beberapa keterangan sebagai berikut : Bahan dasar VCO murni dari kelapa tua yang masak dipohon; Kelapa yang cocok untuk bahan dasar VCO harus dari dataran tinggi karena memiliki ketebalan yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Adapun proses pembuatan Virgim Coconut Oil : Setelah kelapa dikupas dan dibersihkan proses selanjutnya kelapa diparut dengan mesin parut; kemudian hasil parutan kelapa dicampurkan dengan air bersih dan diperas santannya; Santan hasil perasan kemudian diendapkan minimal 24 jam dengan tujuan untuk memisahkan antara minyak dan airnya; Proses selanjutnya dilaksanakan penyaringan untuk mengambil minyak kelapa dengan menggunakan kertas penyaringan; Hasil penyaringan tersebut kemudian dimasukkan kedalam kemasan dan siap untuk dijual.

Selain itu Dari 10 butir kelapa tua grade A setelah melalui proses pembuatan didapat 1 liter VCO. Harga kelapa untuk grade A saat ini Rp. 3.250/Butir. Harga jual untuk kemasan 500 gram Rp. 75.000,-, sedangkan kemasan 100 gram dijual Rp. 20.000,-.

Bpk Yosep Hendarsyah pemilik CV. Rahmat produsen Virgin Coconut Oil (VCO) selain menjual VCO di Maumere juga mengirimkan VCO ke Surabaya dan Jakarta sesuai dengan pesanan dan bersedia menularkan kemampuannya apabila pihak Lanal Maumere membutuhkan edukasi/pembelajaran, dengan syarat pihak Lanal Maumere menyiapkan sendiri Kelapa sesuai standar dan mesin parut kelapa.

 

/ Dispen Lantamal VII