Diskes Lantamal VI Perkenalkan Almatkes Pertolongan Pertama Kasus Henti Jantung Dan Trauma Pada Personel Lantamal VI

Makassar, Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VI melaksanakan pelatihan Alat Material Kesehatan (Almatkes) kepada para personel Lantamal VI bertempat di lapangan Arafuru Mako Lantamal VI, Rabu (25/11/2020).

Pada kesempatan ini, para personel Lantamal VI diberikan pengenalan tentang Almatkes serta praktek penggunaanya pada Pertolongan Pertama saat kasus Henti jantung dan trauma oleh Paur Polum Diskes Lantamal VI Letda Laut (K/W) dr. Laras Pertiwi beserta Tim Diskes Lantamal VI.

dr. Laras mengungkapkan bahwa dalam pelatihan ini juga para personel Lantamal VI juga diperlihatkan cara mempraktekkan pertolongan pertama pada kasus henti jantung dan trauma dengan 3 tahap yaitu pertama cara melakukan RJP (Resusitasi Jantung Paru), kedua cara membalut luka saat terjadi trauma dan ketiga memperkenalkan Obat2 simptomatik saat melaksanakan Dukungan Kesehatan (Dukes).

“Dengan adanya latihan lapangan ini, diharapkan para personel Lantamal VI dapat dengan cepat melaksanakan pertolongan pertama pada setiap pasien yang tiba-tiba mengalami kasus henti jantung dan trauma yang banyak memakan korban dan berakhir dengan meninggal dunia”, ujarnya.

“Pelatihan ini merupakan salah satu program latihan dari Diskes Lantamal VI untuk para personel Lantamal VI agar dapat mengenal dan tau cara penggunaan Almatkes pada kasus henti jantung dan trauma yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada siapa saja dan pada kondisi apapun juga, karena sakit tidak mengenal tempat dan waktu sehingga keterampilan untuk melakukan pertolongan pertama ini sangat diperlukan sembari menunggu atau membawa korban untuk mendapatkan tindak medis selajutnya”, tambah dr. Laras.