BERSAMA PANGKOARMADA II, DANLANTAMAL XIII SAMBUT KEDATANGAN KRI BIMA SUCI DI DERMAGA LANTAMAL XIII

TARAKAN – Bersama Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI I N.G Sudihartawan, S.Pi., M.M. dan Ketua Daerah Jalasenastri Armada II (DJA II) Ny. Ria Sudihartawan, Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII (Danlantamal XIII) Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto, S.E., M.Si. didampingi Ketua Koordinator Cabang XIII (Korcab XIII) DJA II Ny. Putri Haris Bima menyambut kedatangan KRI Bima Suci di Dermaga Lantamal XIII, Jl. Sei Ngingitan, Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Minggu (22/11/20).

KRI Bima Suci ini merupakan kapal latih Taruna TNI AL yang saat ini dikomandani oleh Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.Hanla. Kali ini sedang melaksanakan Operasi Bima Suci (OBS) Kartika Jala Krida (KJK) Taruna TNI AL Angkatan 67 yang akan menempuh beberapa pelabuhan di Indonesia, yang di mulai dari Surabaya pada tanggal 26 September 2020 dan rencana kembali ke pelabuhan Surabaya pada tanggal 2 Januari 2021 yakni menyinggahi 11 pelabuhan dengan jarak tempuh 9910 Nm. Adapun di Tarakan merupakan pelayaran etape ke-7 yang sebelumnya adalah Ranai dan selanjutnya akan menuju ke sorong.

Beberapa saat setelah sandar di Dermaga Lantamal XIII, Komanda KRI Bima Suci, yang didampingi Palaklat Kartika Jala Krida 20 Letkol Laut (P) Aris Dianto, M.Han. beserta perwakilan Taruna disambut dengan Tari Tepung Tawar sebagai tarian penyambutan selamat datang yang dilanjutkan dengan laporan Komandan Satgas OBS kepada Panglima Koarmada II bahwa telah selesai melaksanakan pelayaran etape ke-7. Pada kesempatan tersebut dilaksanakan pula penyematan ikat kepala dan syal oleh Pangkoarmada II, Ketua DJA II, Kepala BNNP Prov Kaltara, Danlantamal XIII, Danrem 092/Mrl, Ketua Korcab XIII DJA II, Ketua DPRD Prov Kaltara dan Wali Kota Tarakan kepada Komandan Satgas OBS, Palaklat dan perwakilan Taruna serta Taruni.

Usai kegiatan penyambutan di dermaga, selanjutnya Pangkoarmada II, Danlantamal XIII beserta pejabat terkait menuju geladak KRI Bima Suci untuk menyaksikan yel-yel Taruna, foto bersama dengan pejabat Forkopimda Kaltara, press release Pangkoarmada II kepada awak media Kaltara dan pembekalan Pangkoarmada II kepada para Taruna. “Pelajari cara bernavigasi dengan astronomi dengan baik, sehingga jika dalam pelayaran nanti terjadi black out terhadap alat navigasi kapal, kalian sebagai pelaut masih bisa bernavigasi untuk menentukan posisi”, terang Pangkoarmada II kepada para Taruna.

Turut hadir dalam penyambutan antara lain, unsur Forkopimda Prov Kaltara, Kadeppel AAL, Kadepjas AAL, Dansatban beserta istri, Pabandya Sopsal, Pejabat Utama Lantamal XIII, Ibu-ibu Jalasenastri Lantamal XIII, Tim Merplugh Lantamal XIII dan Siswa-siswi BJRB binaan Lantamal XIII.

Dispen Lantamal XIII.