Lanal Melonguane Konsisten Cegah Penyebaran Covid-19

Melonguane 22 November 2020,… Lanal Melonguane dipimpin langsung oleh Danlanal, Letkol Marinir Adi Sucipto, S.T., M.Tr.Hanla,  kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kapal-kapal penumpang yang berlayar menuju pelabuhan-pelabuhan di Kabupaten Kepulauan Talaud, guna mengecek dan memastikan bahwa semua pihak mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Minggu (22/11).

Danlanal menjelaskan bahwa selama wabah belum berakhir, guna mencegah terjadinya penyebaran dan/atau mencegah meningkatnya  masyarakat terinfeksi Covid-19 terutama para pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi laut, maka Lanal Melonguane terus dan akan terus melaksanakan operasi simpatik pengawasan dan pengamanan angkutan laut. “Jangan sampai kapal-kapal penumpang menjadi klaster penyebaran Covid-19 dan akhirnya para penumpang yang tiba ke Talaud menjadi petaka bagi keluarganya atau pun masyarakat luas,” pungkasnya

Perwira Menengah baret ungu ini juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud yang sering melakukan perjalanan via angkutan laut, untuk meningkatkan kesadaran pribadi dan disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19 selama dalam perjalanan, termasuk saat berada di atas kapal. Kepada para penyedia jasa angkutan laut, ia juga mengimbau dan mengingatkan bahwa para penyedia jasa angkutan laut memiliki kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19. Sanksinya cukup berat sampai dengan penghentian/penutupan sementara penyelenggaraan usaha, ujarnya menambahkan.

Ini adalah hari ke-250 kita terus konsisten melaksanakan tugas kita secara persuasif dan simpatik. Apabila imbauan dan tindakan persuasif kita nanti tidak dihiraukan, maka kita akan tingkatkan menjadi penegakan hukum secara tegas, kata Danlanal mengakhiri pernyataannya.

Usai sidak kegiatan dilanjutkan dengan pemasangan stiker sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 oleh prajurit Lanal Melonguane, di beberapa tempat/ruangan di dalam kapal penumpang.