TIBA DI KUPANG, TIM AUDIT ITJENAL MELAKSANAKAN SWAB TEST

Lantamal VII – Tim Screening Covid-19 RSAL Samuel J. Moeda melaksanakan Swab Test kepada seluruh anggota Tim Audit Kinerja Itjenal yang akan melaksanakan kegiatan Audit Kinerja di jajaran Lantamal VII, bertempat di VIP Lounge room Lanudal Kupang, Jalan Adi Sucipto, Penfui, Kec. Maulafa, Kota Kupang NTT. Minggu (22/11/2020).

 

Dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di wilayah kerja Lantamal VII, Tim RSAL Samuel J. Moeda Kupang melaksanakan Swab Test kepada seluruh Tim Audit Kinerja Itjenal yang baru saja mendarat di Bandara El Tari Kupang dari Surabaya. Sebelum pengambilan swab, dilaksanakan pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan Termo Gun dan Tim melaksanakan protokol kesehatan dengan mencuci tangan.

Swab dan PCR tak terpisahkan dalam metode tes untuk menegakkan diagnosis Covid-19. Swab adalah cara untuk memperoleh bahan pemeriksaan (sampel) . Swab dilakukan pada nasofaring dan atau orofarings. Pengambilan ini dilakukan dengan cara mengusap rongga nasofarings  dan atau orofarings dengan menggunakan alat seperti  kapas lidi khusus. Adapun hasil dari pemeriksaan Swab terhadap 10 orang anggota Tim Audit Kinerja Itjenal adalah Negatif Covid-19.

Kegiatan Swab Test terhadap Tim Audit Kinerja Itjenal ini sejalan dengan Perintah Harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan ” Jadilah contoh dan teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan wabah Covid-19 , serta cepat beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan normal yang baru atau “The New normal” di lingkungan TNI AL”.

/ Dispen Lantamal VII