TINGKATKAN KESIAP-SIAGAAN DAN ANTISIPASI DINI MASYARAKAT, DANPOSAL WAINGAPU IKUTI RAPAT FORUM FKDM KAB. SUMBA TIMUR

Lanal Pulau Rote – Danposal Waingapu Letda Laut (T) Siswanto mengikuti Rapat Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri Kabupaten Sumba Timur untuk menjembatani/memfasilitasi kinerja aparat/pejabat di tingkat Kecamatan dan Kabupaten., bertempat di Aula Kantor Kesbangpol Kab. Sumba Timur, Kab. Sumba Timur, NTT. Kamis (19/11/2020).

Dalam Rapat Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kab. Sumba Timur yang dipimpin oleh Asisten 1 Pemkab Sumba Timur Yakobus Yiwa membahas beberapa hal antara lain : 1) Suasana Politik menjelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur yang tahapannya sudah berjalan dan saat ini masa kampanye sampai dengan tanggal 5 Desember 2020, masa tenang tanggal 6 – 8 Desember 2020 dan tanggal 9 Desember 2020 pemungutan Suara; 2) Permasalahan wabah Covid-19 merupakan virus yang sangat membahayakan sehingga Pemerintah terus berupaya semaksimal mungkin untuk memutus mata rantai peredaran Covid -19 termasuk di Kabupaten Sumba Timur dengan menerapkan protokol kesehatan;

Selanjutnya masalah tentang 3) Peternak ayam pedaging di Kabupaten Sumba Timur cukup marak terutama Kecamatan Kota agar dapat memperhatikan tempat yang agak jauh dari pemukiman penduduk sehingga bau kotorannya tidak mengganggu kenyamanan orang lain sebab bukan tidak mungkin bau yang tidak sedap yang bersumber dari kandang ayam pedaging tersebut dapat memicu terjadinya pertengkaran dan konflik dengan masyarakat sekitar; 4) Persiapan lahan dengan melakukan pembakaran lahan pertanian perlu mendapat perhatian kita bersama dan menghimbau masyarakat melalui Camat, Lurah/ Kades agar kebiasaan sebagian masyarakat yang melakukan pembakaran lahan pertanian supaya dihentikan, karena akan menimbulkan beberapa kejadian yang dapat merugikan masyarakat itu sendiri; 5) Peredaran narkoba dan zat adiktif lainnya di Sumba Timur juga terus menjadi perhatian kita, Narkoba sepertinya tidak ada dan tidak begitu kentara, tapi sesunggugnya dia ada sehingga menjadi perhatian kita semua, agar Sumba Timur tidak dijadikan surga bagi pemakai , pengedar dan bandar narkoba yang akan merusak generasi muda kita;

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesiap-siagaan dan antisipasi dini masyarakat terhadap potensi dan indikasi timbulnya bencana yang disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri, sehingga cegah dan tangkal dini masyarakat dapat terkoordinir secara terpadu. Dan menyamakan visi dan persepsi serta sikap pengurus FKDM di Kabupaten Sumba Timur dalam melaksanakan pencegahan secara dini dan penanganan persoalan yang akan terjadi di daerah.

“Kita semua sepakat dengan membangun komunikasi dan dialog yang baik, masalah apapun dapat dicarikan solusinya,” ujar Asisten 1 Pemkab Sumba Timur.

Peserta rapat Koordinasi FKDM Kabupaten Sumba Timur terdiri dari pimpinan OPD Kabupaten Sumba Timur, para Camat, Kapolsek, Danramil Se- Kabupaten Sumbawa, Danposal, unsur Intelijen dan pengurus FKDM.

 

/ Dispen Lantamal VII