BENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN, LANAL DENPASAR BALI MELATIH MAHASISWA/WI GENBI PROGRAM BEASISWA BANK INDONESIA

BENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN, LANAL DENPASAR BALI MELATIH MAHASISWA/WI GENBI PROGRAM BEASISWA BANK INDONESIA

Lantamal V, 20 November 2020,—

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar-Bali bekerjasama dengan Bank Indonesia Kantor Wilayah Provinsi Bali menggembleng dan melatih para Mahasiswa/wi GENBI (Generasi Baru Indonesia Bali) yang tergabung dalam Program Beasiswa Bank Indonesia di Mako Lanal Denpasar Jl. Raya Sesetan no. 331 Denpasar Selatan Provinsi Bali. Kamis (19/11).

Dengan menggelar kegiatan Pelatihan dan Pembekalan yang bertemakan Leadership Bootcamp 2020, Lanal Denpasar dibawah pimpinan Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, S.E. memberikan pelatihan, pembekalan serta wawasan kemaritiman kepada 225 mahasiswa/wi dari berbagai Universitas yang ada di Bali yang telah memperoleh beasiswa dari Bank Indonesia.

Pada pelaksanaannya, dari seluruh jumlah mahasiswa/wi sebanyak 225 orang, dibagi menjadi 5 gelombang yang terdiri dari masing-masing gelombang sebanyak 45 orang dan dilaksanakan selama 5 hari berturut-turut dari tanggal 16 – 21 November 2020, ini sengaja dilakukan guna mematuhi protokol kesehatan Covid-19, itupun para mahasiswa/wi sebelum dan selama mengikuti kegiatan pelatihan harus melaksanakan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan serta menjalani rapid tes.

Seperti yang dikatakan oleh Kepala Bank Indonesia Prov. Bali Bpk Trisno Nugroho selaku Irup pada saat upacara pembukaan pelatihan menyampaikan rasa terima kasih kepada Lanal Denpasar karena sudah ikut membantu program ini, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk melatih generasi muda yang nantinya akan memegang tongkat estafet kepemimpinan dan membangun bangsa ini kedepan khususnya dibidang ekonomi. Program ini difokuskan untuk pelatihan di bidang Maritim dan Kelautan, oleh karena itu BI bekerja sama dengan TNI AL, karena BI percaya kepada TNI AL untuk membina para peserta untuk melaksanakan pelatihan.

Begitu pula Palaksa Lanal Denpasar Mayor Laut (P) Gede Padang Suryawan, S.E. mewakili Danlanal Denpasar mengatakan “Kami dari TNI AL senang sekali karena bisa dipercaya untuk melaksanakan program ini, selain itu TNI AL juga akan memberi pembekalan secara maksimal khususnya dibidang maritim, TNI AL juga berharap para peserta harus semangat dan bersungguh sungguh dalam melaksanakan kegiatan agar ilmu yang diperoleh dari kami TNI AL bisa bermanfaat bagi generasi muda mendatang”.

Adapun beberapa materi pembekalan yang diberikan kepada mahasiswa/wi diantaranya materi Jatidiri Bangsa, Wawasan Kemaritiman dan Kepemimpinan, Antiradikalisme, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara yang dilaksanakan di Mako Lanal Denpasar. Para mahasiswa/wi juga akan menjalani serangkaian pelatihan meliputi fase kolam diantaranya Selam Dasar, Water Jump, Balik Sekoci, Water Trappen, Renang, dilanjutkan Fase Laut diantaranya Lomba Mendayung, Renang Laut, Membalikkan Sekoci dan Tarik Sekoci serta lomba Yel-Yel, Game Interaktif dan Hipnoterapi.

Lebih lanjut Lanal Denpasar berharap program pelatihan dan pembekalan Leadership Bootcamp 2020 yang diberikan kepada para mahasiswa/wi ini, akan merubah pola pikir dalam menemukan jati dirinya sebagai pemuda agar siap menghadapi tantangan zaman dan siap menjadi pemimpin-pemimpin masa depan yang memiliki kapasitas hardskill dan softskill yang berkualitas