LANTAMAL V GELAR LATIHAN PENANGGULANGAN PENCEMARAN TUMPAHAN MINYAK DI LAUT

Lantamal V, 16 November 2020,—
Guna meningkatkan kemampuan dan keahlian personel dalam rangka kesiagaan penanggulangan pencemaran. Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V menggelar Latihan Penanggulangan Pencemaran Tumpahan Minyak di Laut. Latihan tersebut mulai dilaksankaan pada Senin (16/11), di Markas Komando Lantamal V, Surabaya.

Latihan yang melibatkan kurang lebih 450 prajurit ini, dilaksanakan mulai dari 16 November sampai dengan 1 Desember 2020 mendatang. Dalam Latihan tersebut akan dilaksanakan dengan metode diskusi serta drill.

Selama kegiatan, para prajurit akan menerima berbagai materi seperti Pengenalan Peran TNI AL pada Operasi Penanggulangan Tumpahan Minyak di laut dalam status Tier 2 / daerah oleh Syahbandar, Perbantuan pengamanan pelaksanaan operasi penanggulangan tumpahan minyak di laut, Review sinkronisasi prosedur tetap penanggulangan pencemaran, hingga Table Top Exercise (TTX).

Kegiatan yang digelar oleh Staf Operasi Lantamal V tersebut, memiliki sasaran salah satunya yaitu tercapainya kerja sama yang baik dengan instansi terkait lainnya dalam melaksanakan tugas penyelamatan dan penanggulangan tumpahan minyak serta mengaplikasikan prosedur perbantuan TNI.

Di hari pertama sebagai pemberi materi latihan yaitu Kasie Patroli dari Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Bapak Djoko Tri Muljono, S. E, M.M., yang menyampaikan materi tentang Teori Pencegahan dan Penanggulangan Tumpahan Minyak di Laut.

Selama dilaksanakannya latihan, baik itu penyelengara dan personel yang terlibat tetap mengedepankan protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran Covid-19.