LANAL MATARAM SIAP TANGGULANGI BENCANA DI NTB

Lanal Mataram – Pangkalan TNI AL (Lanal) Mataram bersama dengan pemerintah kota Mataram beserta unsur TNI-Polri sekota Mataram laksanakan apel bersama dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana alam di wilayah kota Mataram. Apel bersama yang dilaksanakan di Lapangan Sangkareang Jalan Pejanggik Kota Mataram diambil langsung oleh Walikota Mataram, TGH. Anyar Abduh. Senin (16/11/2020).

Apel bersama kesiapsiagaan menghadapi bencana alam yang berlangsung di Lapangan Sangkareang ini dihadiri pula oleh Danlanal Mataram diwakili oleh Pjs. Pasops Lanal Mataram, Mayor Laut (P) Sarjandi, Dandim 1606/Lobar, Kapolresta Mataram, Kalak BPBD Kota Mataram serta dan diikuti sekitar 150 orang pasukan.

Dalam amanatnya walikota Mataram menyampaikan “Data dari BMKG badan meteorologi klimatologi dan geofisika ditunjukkan bahwa potensi akan terjadinya fenomena La Nina di tanah air yang mengakibatkan curah hujan yang tinggi mulai Oktober 2020 hingga Maret 2021, peningkatan curah hujan¬† yang disertai peningkatan akumulasi curah hujan akibat La Nina berpotensi menjadi pemicu terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.”

Ditempat berbeda Danlanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, S.H., menyampaikan bahwa TNI Angkatan Laut khususnya Lanal Mataram telah siap baik personel maupun materialnya dalam mendukung kesiapsiagaan bencana alam yang terjadi di wilayah NTB dan siap turun kelokasi bencana.

“Menghadapi fenomena La Nina di tanah air yang mengakibatkan curah hujan yang tinggi saya memerintahkan kepada para Danposal jajaran Lanal Mataram untuk menghimbau kepada seluruh warga masyarakat tetap siaga dan kepada pengguna jasa pelayaran dan nelayan dimohon berhati-hati dalam melaksanakan kegiatan dilaut,” tutup Danlanal Mataram.

 

/ Dispen Lantamal VII