DUKUNG PERCEPATAN DIAGNOSIS PASIEN CONFIRM COVID-19, RSAL SAMUEL J. MOEDA LAKSANAKAN PELATIHAN PENGAWAK PCR

Lantamal VII – Personel Rumkital Samuel J. Moeda Kupang melaksanakan Latihan Fungsional Kesehatan (Latfungkes) Tingkat 2 TA 2020 yang dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 10 s.d. 14 November 2020, bertempat di R. Urikkes RSAL Samuel J. Moeda, Kota Kupang, NTT, Senin (16/11/2020).

   

Pada Latihan Fungsional Kesehatan (Latfungkes) Tingkat 2 TA 2020 Rumkital Samuel J. Moeda ini dilaksanakan latihan berupa Pelatihan Calon Pengawak Laboratorium Real-Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). Pelatihan kali ini sebagai bentuk tugas Rumkital dalam meningkatkan keahlian Laboran dan perawat umum di lingkungan Rumkital Samuel J. Moeda Kupang. 

“Dalam rangka mendukung upaya percepatan diagnosis Covid-19, diperlukan peningkatan target  pemeriksaan spesimen menjadi 20.000 – 30.000 per hari dengan alat Polymerse Chain Reaction (PCR). Maka peningkatan kapasitas dan kapabilitas laboratorium sangat diperlukan. Salah satu upaya peningkatan dengan penambahan sumber daya manusia (SDM)”, jelas Karumkital Samuel J. Moeda Kupang Letkol Laut (K) Letkol Laut (K) dr. Rudhi Cahyono, Sp.KJ.

Pelatihan ini diikuti oleh empat (4) orang Tenaga Analis Laboratorium dan Delapan (8) orang Perawat Umum Rumkital Samuel J. Moeda Kupang. Adapun materi latihan yang diberikan terkait Laboratory Quality Management System (LQMS), Penatalaksanaan spesimen Covid-19, Realtime PCR untuk deteksi Covid-19, Pendukung deteksi covid-19, dan Manajemen data. Sedangkan untuk Simulasi Running Sample VTM Langsung dipraktekkan di Laboratorium PCR Boks Kontainer yang merupakan Bantuan dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Kegiatan pelatihan pengawak PCR ini sejalan dengan perintah harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang memerintahkan untuk menjadi contoh dan teladan dalam mendukung percepatan penanganan wabah covid-19, serta cepat beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan normal baru atau “The New Normal” di lingkungan TNI AL dan bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman.

 

/ Dispen Lantamal VII