DANPOSAL LEMBATA MENGIKUTI RAPAT PERIHAL ADANYA MASYARAKAT KAB. LEMBATA TERKONFIRMASI COVID-19

Lanal Maumere – Danposal Lembata Letda Laut (PM) Triawan Anwar, S.H., mengikuti rapat perihal adanya 4 (empat) orang masyarakat Kab. Lembata yang terkonfirmasi Covid-19 yang dipimpin oleh Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, ST. Bertempat di Ruang Rapat Kantor Pemkab. Lembata, Jl. Trans Lembata, Kec. Nubatukan, Kab. Lembata, NTT. Kamis (12/11/2020).

Adapun yang dibahas dalam rapat mulai minimnya kesadaran masyarakat  wilayah Lembata dalam menerapkan protokol kesehatan, padahal pemerintah tidak henti – hentinya untuk mensosialisasikan dan menerapkan protokol kesehatan. Sekalipun sudah banyak yang di tindak seperti push up dan lainnya terkait masyarakat yang beraktifitas di luar rumah tidak menerapkan protokol kesehatan.

 

Untuk wilayah pelabuhan sebagai akses pintu masuk ke Lembata masih minim kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, tidak henti – hentinya juga petugas Satgas Covid-19 Kab. Lembata menegur bahkan memberikan hukuman, bahkan Posko Satgas Covid-19 Kab. Lembata di Pelabuhan masih ada dan pengecekan terhadap para penumpang masih dilakukan.

 

Dengan adanya 4 (empat) orang masyarakat Lembata yang terkonfirmasi Covid-19, pemerintah Kab. Lembata akan melakukan penguatan tingkat pengawasan dan pengendalian Covid-19 serta melakukan sidak di tempat-tempat fasilitas umum di wilayah Kecamatan dan desa – desa yang ada di lembata dengan terus mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan.

 

Selain itu akan dilakukan Tes Swab kepada tenaga medis yang sempat kontak dengan pasien dan yang menangani pasien. Serta sekolah tempat pasien Covid-19 mengajar akan diliburkan sampai batas waktu yang tidak ditentukan sampai menunggu hasil pemeriksaan lebih lanjut.

 

Adapun upaya yang di lakukan oleh Satgas Covid-19 kab Lembata yaitu dengan melakukan tracking kontak terhadap pihak – pihak yang pernah berinteraksi dengan pasien memastikan keluarga pasien yang non reaktif melakukan isolasi mandiri selama lebih kurang 14 hari sejak hari ini secara ketat di rumah ybs, dan tidak diperkenankan  untuk melakukan aktifitas diluar rumah, memastikan adanya pengawasan yang ketat oleh masyarakat/tetangga sekitar, Dinkes, Satgas Covid-19 Kab. Lembata dan melaporkan perkembangan ybs dan di lapangan kepada Bupati Lembata.

 

Kegiatan ini sejalan dengan perintah harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang memerintahkan jadilah contoh dan teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan wabah Covid-19, serta cepat beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan normal baru atau “The New normal”.

 

Turut hadir dalam Rapat Kapolres Lembata, AKBP Yoce Marten, Kepala Pengadilan Negeri Lembata, Bpk. Ngurah S Dharma Putra, Danposal Lembata Letda Laut (PM) Triawan Anwar, Sekda Kab. Lembata, Bpk. Paskalis Ola Tapobali, Pimpinan OPD Kab. Lembata dan Camat Nubatukan Kab. Lembata.

 

 

By. Dispen Lantamal VII.