PRAJURIT POSAL ATAPUPU MENGIKUTI KEGIATAN APEL GELAR PASUKAN DI KABUPATEN BELU

 

Lantamal VII – Prajurit Pos TNI AL (Posal) Atapupu mengikuti kegiatan Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam Tahun 2020 tingkat Kab. Belu, bertempat bertempat di lapangan Kantor Bupati Belu, Jl. El Tari, Kab. Belu, Prov.  NTT. Rabu, (11/11/2020).

Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam Tahun 2020 tingkat Kab. Belu, di pimpin oleh Pjs. Bupati Belu dengan susunan pasukan 1 Ton Pom TNI, 1 Ton Babinsa Kodim 1605 Belu, 1 Ton Yon 744 SYB, 1 Ton Satgas Pamtas, 1 Regu Posal Atapupu, 1 Ton Brimob Atambua, 1 Ton Shabara Polres Belu, 1 Ton Airud Atambua, 1 Pok Satpol PP, 1 Pok Tagana Atambua dan 1 Pok BNPB Belu.  

Pada Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam Tahun 2020 tingkat Kab. Belu, Pjs. Bupati Belu menyampaikan sambutannya, dalam petikan “Apel Siaga Bencana yang kita lakukan hari ini dengan melibatkan TNI, Polri, Dinas Sosial dan Tagananya, Badan Kesbangpol, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Polisi Pamong Praja, Damkar, Tim Medis yang terintegrasi secara baik untuk mengantisipasi kejadian Bencana yang menimpa daerah kita. Pemerintah Kabupaten Belu dan Jajaran Forkompinda Kabupaten Belu Timur menyambut baik Apel Siaga Bencana ini sehingga Tim Siaga Bencana akan terintegrasi dan ini memiliiki peranan yang penting sebagai wahana yang sangat tepat untuk meningkatkan peran, partisipasi dan eksistensi dalam menghadapi setiap kejadian bencana. Semua unsur harus selalu waspada dan tanggap terhadap bencana yang bisa datang kapan saja. Apel Siaga ini diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan yang cukup, sesuai fungsi dan peran masing-masing yang merupakan tanggung Jawab semua pihak. Oleh karena itu kerjasama antara Pemerintah dan pihak non pemerintah merupakan hal penting dalam upaya pengurangan resiko bencana.

Apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan seluruh personel dan kelengkapan sarana prasarana pendukungnya, serta keterpaduan seluruh unsur masyarakat yang turut berperan aktif dalam rangka kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana alam yang terjadi diwilayah kerja Kab. Belu, agar memiliki SOP pencegahan dan penanggulangan bencana dengan melakukan koordinasi secara baik dengan instansi lintas sektoral guna meminimalisasir dampak yang ditimbulkan baik korban jiwa maupun materil. Apel gelar pasukan selesai dilanjutkan pemeriksaan Material dan Pasukan Oleh Pjs. Bupati Belu beserta Tamu undangan

Kegiatan ini sejalan dengan perintah harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam kutipan ”Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara. Jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan. 

Turut hadir dalam kegiatan Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam Tahun 2020 tingkat Kab. Belu Komandan Kodim 1605 Belu, Kapolres Belu, Danposal Atapupu, Danton Yon 744 SYB, Danki Brimob Atambua, Dansubdenpom Atambua, Kadis Sosial Kab. Belu serta Kasatpol PP Kab. Belu.

Sampai dengan selesainya rangkaian kegiatan berjalan dengan tertib aman dan lancar.

 

/ Dispen Lantamal VII