Masyarakat Nelayan Sambut Kedatangan KRI Bima Suci Di Ranai

TNI AL, Koarmada II, Surabaya 12 November 2020.

 

Setelah berlayar menempuh jarak 920 NM dari Tanjung Uban dengan waktu tempuh 8 hari termasuk melaksanakan kegiatan bhakti sosial di pulau Sekatung dan Pulau Laut, kini Satgas Operasi Bima Suci (OBS) tiba di Ranai, Rabu (11/11/20).

Acara seremonial penyambutan-pun dilaksanakan oleh Pangkalan TNI AL Ranai beserta Forkopimda Kabupaten Natuna atas kehadiran KRI Bima Suci untuk pertama kalinya di pulau ujung utara Indonesia ini. Masyarakat nelayan sangat antusias menyambut kehadiran KRI Bima Suci saat memasuki alur Ranai.

 

Setibanya di dermaga Faslabuh Selat Lampa Pangkalan TNI AL (Lanal) Ranai, Komadan Satgas OBS 2020 Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr. Hanla., melaksanakan laporan kepada Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Dofir dan dilanjutkan pengalungan bunga dan selempang serta tarian penyambutan Sekapur Sirih sebagai acara tradisi penyambutan tamu yang pertama kali tiba di tanah Ranai.

Komandan Satgas OBS menyampaikan, “Acara penyambutan oleh Forkopimda Kabupaten Natuna kepada Satgas Pelayaran OBS 2020 merupakan bagian dari pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan Operasi yang bersinergi dengan Pemerintah Daerah sesuai dengan program Prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono”, pungkas Letkol Waluyo – sapaan karib Komandan Satgas OBS.

Selesai acara seremonial penyambutan, Komandan Satgas OBS menyerahkan bantuan Alat Kesehatan kepada Danlanal Ranai untuk Diskes Lanal Ranai yang meliputi Alat Pelindung Diri (APD), Sprayer, Handsanitizer, Thermogun dan Face shield. Kegiatan dilanjutkan dengan Display GS Taruna AAL Tk. III angkatan ke-67 di dermaga Lanal Ranai.

Dalam rangkaian acara seremonial penyambutan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai penekanan Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan,S.Pi., M.M., kepada Komandan Satgas OBS untuk tetap menjaga kesehatan prajurit dan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

 

(KRI BSC).