DANPOSAL ENDE HADIRI APEL KESIAPSIAGAAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM TAHUN 2020 KABUPATEN ENDE

Lanal Maumere – Danposal Ende Lettu laut (P) Heru Elfianto menghadiri kegiatan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2020 diwilayah Kabupaten Ende, bertempat di Lapangan Apel Mapolres Ende, Jl. Pahlawan, Kelurahan Kota Raja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, NTT. Rabu (11/11/2020).

Kegiatan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2020 diwilayah Kabupaten Ende dengan Inspektur upacara Bupati Ende Drs. H. Djafar H. Achmad, M.M., Komandan upacara Kasi Keu Polres Ende Ipda I Gede Wisna, S.H., dan Perwira upacara Kabag Ops Polres Ende AKP I Wayan Oka Deswanta. Dengan Peserta upacara terdiri dari: 1 SSR POM AD dan Posal Ende, 1 SST Kodim 1602/Ende, 1 SST Brimob, 1 SST Sabhara Polres Ende, 1 SST Sat Lantas Polres Ende, 1 SST Staf Polres Ende dan 1 SST Intel Polres Ende.

Inspektur upacara Bupati Ende Drs. H. Djafar H. Achmad, yang membacakan amanat Kapolda NTT menyampaikan bahwa momentum apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan seluruh personel dan kelengkapan sarana prasarana pendukungnya serta keterpaduan unsur lintas sektoral dan masyarakat yang turut berperan aktif dalam rangka kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana alam. Dan mengajak seluruh lembaga pemerintah daerah, lembaga usaha, TNI dan lembaga swadaya masyarakat secara bersama turut berupaya semaksimal mungkin untuk merealisasikan latihan evakuasi bencana secara berkala dan terus menerus, berikan input atau masukan dalam rangka harmonisasi peraturan perundang-undangan yang terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsi penanggulangan bencana di daerah, menetapkan regulasi dan melaksanakan pengurangan risiko bencana melalui peraturan daerah, mengoptimalkan peran serta masyarakat untuk membangun kemandirian masyarakat dalam penanggulangan bencana, melaksanakan pembangunan secara bencana secara berencana pasca bencana lebih baik dan lebih aman dengan memperhatikan kaidah-kaidah pengurangan risiko bencana dan pembangunan yang aman dari bahaya bencana.

 

Selain itu ada beberapa penekanan yang perlu menjadi perhatian kita bersama dalam upaya penanggulangan bencana antara lain : Petakan potensi bencana yang terjadi di wilayah masing-masing; Memiliki SOP pencegahan dan penanggulangan bencana; Lakukan koordinasi secara baik dengan instansi lintas sektoral guna meminimalisir dampak yang ditimbulkan baik korban jiwa maupun korban material; Satuan tugas yang sudah terbentuk agar berkoordinasi dengan stakeholder lainnya terutama pengembangan fungsi SAR untuk bersama-sama melakukan upaya penanggulangan bencana yang ditangani secara komprehensif multisektor terpadu dan terkoordinasi secara baik dan Seluruh pihak agar menyatukan tekad dan komitmen dalam rangka penanganan bencana alam di NTT.

 

Kegiatan dihadiri oleh : Kapolres Ende AKBP Albertus Andreana,Sik., Asisten 1 Setda Ende Drs. Abraham Badum, Kadis Sosial Kabupaten Ende Marmi Kusuma, SH., Kaban Kesbangpolinmas Kabupaten Ende (Gabriel Dala,SH, Danpos AL Ende Lettu Laut (P) Heru Elfianto dan Para Perwira Polres Ende.

 

By. Dispen Lantamal VII