DANLANTAMAL VIII HADIRI AUDIENSI TIM KAJIAN DAERAH SESJEN WANTANAS.

Manado 11 November 2020,… Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas menghadiri Audiensi Tim Kajian Daerah Sesjen Wantanas, di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut. Rabu (11/11).

Sesjen Wantannas TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos, S.H., M.H pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa Wantannas adalah lembaga pemerintah yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden, dengan tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan pembinaan Ketahanan Nasional guna menjamin pencapaian tujuan dan kepentingan nasional. Oleh karena itu kedatangan Tim Setjen Wantanas adalah untuk mendapatkan  informasi-informasi dan masukan-masukan yang lebih up to date, dan realistis yang diperlukan, sehingga bisa memberikan saran kepada presiden dalam penyusunan rancangan kebijakan nasional secara valid,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni mengapresiasi kegiatan Setjen Wantannas dalam rangka memberikan masukan kepada pemerintah dalam mengambil kebijakan. Agus berkesempatan memberikan gambaran mengenai kehidupan masyarakat Sulut, letak geografis dimana Sulut memiliki 287 pulau, berada di Bibir Pasifik yang sangat prospektif untuk perdagangan regional maupun internasional hingga pertumbuhan ekonomi Sulut. Lebih lanjut, Agus Fatoni berharap adanya kegiatan ini akan memberikan kontribusi yang sangat signifikan bagi Sulut.

Pada sesi tanya jawab, Tim Setjen Wantanas memberikan beberapa pertanyaan terkait  status kependudukan warga perbatasan yg berada di utara sulawesi(Sangihe-Philipina), pencurian/penculikan terhadap WNI yg terjadi di perairan perbatasan Indo-Philipina, penanganan Covid 19 dan pembangunan infrastruktur Sulawesi Utara. Pjs Gubernur Sulut pun menanggapi beberapa pertanyaan tersebut yang akan dijawab secara tertulis agar data-data bisa diberikan secara lengkap.

Selain Danlantamal VIII turut hadir pada acara tersebut Kapolda Sulut Irjen. Pol. Drs. R.Z. Panca Putra Simanjuntak, M.Si., Kasdam XIII Merdeka Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, Kajati Sulut Andi Muh. Iqbal Arief, Kepala BNN Sulut Brigjen Pol Jeffry Lasut, Kabinda Sulut Kolonel Laut (P) Adriansyah, S.E., S.H., M.H., Danlanudsri Kolonel Pnb Abram Tumanduk, perwakilan Bakamla zona maritim tengah, Kepala Kantor Basarnas Manado dan Pejabat Pemprov Sulut.